Date Sabtu, 2 August 2014 | 09:26 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Kaba Kampuang

Hari Ini, Dharmasraya TV Diluncurkan

Sabtu, 11-02-2012 | 10:23 WIB | 2152 klik
Hari Ini, Dharmasraya TV Diluncurkan

Dharmasraya TV

Dharmasraya, Padek—Kabar gembira bagi masyarakat Kabupaten Dharmasraya. Hari ini (11/2), televisi lokal Dharmasraya TV yang didirikan PT Dharma Media Televisi bersama Pemkab Dharmasraya, di-launching (diluncurkan). Peluncuran televisi ini akan dilakukan Bupati Dharmasraya Adi Gunawan di audotorium Kantor Bupati Dharmasraya, dimeriahkan penampilan Minang Voice, tari pingai serta artis Tari KDI.


Peluncuran itu akan dihadiri Direktur Utama PT Dharma Media Televisi Sutan Zaili Asril, Komisaris Wiztian Yoetri, Direktur Rita Gusveniza dan Yusuf Effendi, serta General Manager Hendri Sulaiman. Di samping itu, juga bakal hadir pejabat satuan kerja perangkat daerah (SKPD), tokoh masyarakat, sejumlah pimpinan dan anggota DPRD dan lainnya. Masyarakat yang menggunakan antena UHF, setelah adanya izin uji coba siaran Dharmasraya TV dari Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumbar, sudah langsung dapat menikmati siaran uji coba televisi tersebut.


Bupati Dharmasraya Adi Gunawan menyebutkan, kehadiran Dharmasraya TV memberikan banyak harapan, terutama dalam menyiarkan derap pembangunan di Dharmasraya sehingga masyarakat bisa langsung menyaksikan apa yang telah dan akan dilakukan Pemkab Dharmasraya. Media cetak dan elektronik, kata Adi, adalah sarana paling efektif dalam mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara, termasuk menginformasikan derap pembangunan di daerah.


”Jika selama ini masyarakat baru bisa mendapatkan informasi pembangunan Dharmasraya melalui media cetak, kini dengan hadirnya media elektronik Dharmasraya TV akan makin menambah wawasan dan pengetahuan masyarakat,” kata Adi Gunawan. Namun, Adi tetap mengingatkan agar dalam pemberitaannya tetap mengedepankan kode etik, serta check and balance.


Wakil Ketua DPRD Dharmasraya Budi Sanjaya, baik secara kelembagaan maupun pribadi sangat mendukung kehadiran Dharmasraya TV. ”Dengan adanya Dharmasraya TV diharapkan masyarakat bisa langsung mengetahui perkembangan pembangunan, serta peristiwa lain yang terjadi di Dharmasraya,” katanya. Dia berharap kehadiran Dharmasraya TV memberikan dampak positif bagi perkembangan Dharmasraya saat ini dan ke depan.


Dukungan sama diungkapkan Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Dharmasraya Zulfikar Atut Dt Penghulu Besar. Atas nama Ketua LKAAM sekaligus tokoh masyarakat, Zulfikar mengatakan, keberadaan Dharmasraya TV sudah lama dinantikan.


Dengan hadirnya Dharmasraya TV, maka program-program Pemkab Dharmasraya dan program lainnya bisa langsung disaksikan masyarakat. Namun, dia mengharapkan jika tahap awal siaran hanya dinikmati masyarakat Dharmasraya, ke depan diperluas hingga relay ke tingkat nasional. ”Berita atau informasi yang disajikan diharapkan mampu memberikan pencerahan dan menambah wawasan bagi masyarakat Dharmasraya,” harapnya.


GM Dharmasraya TV Hendri Sulaiman mengatakan, dalam masa siaran uji coba ini, masyarakat Dharmasraya sudah dapat menyaksikan program-program Dharmasraya TV. Syaratnya, masyarakat harus menggunakan antena UHF di Channel 36 UHF. ”Dalam masa uji coba ini, kami senantiasa mengharapkan masukan dari masyarakat, sehingga terus terjadi perbaikan ke arah lebih baik,” jelas Hendri Sulaiman, sore kemarin.


Para kru Dharmasraya TV telah mulai menyiapkan program-program unggulan. ”Untuk nama program dan isi siarannya, harap masyarakat sabar menunggu. Tentunya, siaran yang kami hadirkan sesuai konten lokal masyarakat Dharmasraya,” ujar Hendri. Dharmasraya TV yang memiliki tower di kawasan Gunungmedan, akan menyajikan 45 persen untuk pemberitaan, dan sisanya program pendidikan, seni, budaya, dan kemasyarakatan maupun pemerintahan. ”Berita yang ditayangkan bukan saja persoalan pemerintahan saja, persoalan masyarakat di seluruh wilayah Dharmasraya juga akan disiarkan,” katanya.


Untuk tenaga kerja baik reporter maupun teknisi lainnya, diprioritaskan putra asli Dharmasraya sehingga membantu membuka lapangan pekerjaan baru. Sebelumnya, Ketua KPID Sumbar Ferry Zein menyebutkan, antusiasme masyarakat Dharmasraya menyambut kehadiran televisi lokal memberikan kredit poin tersendiri bagi KPID Sumbar untuk memperjuangkan izin penyiaran Dharmasraya TV ke Kementerian Kominfo Jakarta. ”Setelah EDP, KPID Sumbar akan langsung merekomendasikan Dharmasraya TV ke Kementerian Kominfo,” papar Ferry Zein.


Ferry memperkirakan dalam waktu dekat, sudah bisa dikeluarkan rekomendasi kelayakan Dharmasraya TV untuk mengudara. ”Kami upayakan secepat mungkin. Rencananya 11 Februari ini, sudah mengudara, kami bantu fasilitasi,” katanya. (ita/e)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA