Date Selasa, 22 July 2014 | 20:23 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Kaba Kampuang

4 Pelaku Diciduk, Beraksi di 10 Lokasi

Jaringan Curanmor Diungkap

Jumat, 10-02-2012 | 09:47 WIB | 501 klik
Jaringan Curanmor Diungkap

CURANMOR: Empat pelaku curanmor yang beraksi di 10 lokasi diamankan di Mapolrest

M Yamin, Padek—Jajaran Reskrim Polresta Padang membongkar jaringan pencurian kendaraan bermotor (curanmor). Kemarin (8/7), polisi menangkap empat pelaku dan menyita 4 motor serta pisau sebagai barang bukti.


Keempat pelaku itu, Nando, 19, dan Riki, 24, warga Aurduri, Lubukbegalung. Adrian, 19, warga Ulakkarang dan Rafi, 18, warga Alanglaweh, Padang Selatan. Keempat tersangka telah mendekam di sel Mapolresta Padang untuk proses lebih lanjut.


Sedangkan barang bukti motor berupa dua unit motor Suzuki FU, satu unit Yamaha Vixion dan satu unit Jupiter MX.
Kapolresta Padang Kombes Polisi M Seno Putro mengatakan, dua dari empat tersangka itu, Nando dan Rafi sudah pernah ditahan sebelumnya dalam kasus sama.

Keempat tersangka itu, katanya, sudah menjadi target operasi polisi sejak 2011. Namun saat ditangkap, mereka selalu lolos.
“Aksi keempat tersangka ini sadis. Bahkan, mereka berani melukai korbannya dengan senjata tajam,” ujar Kapolresta Padang didampingi Kasat Reskrim Kompol Iwan Aryandi, kepada wartawan, kemarin (8/2).


Dari pengakuan keempat tersangka, sebut Kapolresta, mereka telah beraksi sejak 1 tahun lalu. Untuk motor yang berhasil dicurinya, dijual ke penadah dengan harga Rp 2 juta sampai Rp 5 juta. Kemudian penadahnya menjual ke luar Padang. “Motif penjualan hasil curiannya ini, sistem rantai,” kata Kapolresta.


Polisi masih terus mengembangkan kasus ini. Sebab, keempat tersangka ini belum mau menyebutkan siapa penadah dan jaringannya “Kita akan mengungkap siapa jaringan mereka,” bebernya.


Kasat Reskrim Polrestata Padang menambahkan, keempat tersangka itu ditangkap Rabu (8/2) malam di lokasi berbeda. Rafi ditangkap di kawasan Purus, Padang Barat. Dari hasil pengembangan, pihaknya berhasil menangkap Nando, Riki dan Adrian. Mereka ditangkap di rumah masing-masing.


Pengakuan sementara dari keempat tersangka, mereka telah beraksi di 10 tempat di Padang. Untuk aksi paling banyak, di Padang Utara, Padang Barat dan di Kototangah. “Dari keempat tersangka ini, Rafi otak pelaku,” tuturnya.


Selain menangkap empat pelaku jaringan curanmor, kata Iwan Aryandi, di hari yang sama juga dibekuk pelaku curanmor lainnya, Dedi Natalia alias Dedi Dukun, 26. Dia ditangkap di sebuah konter HP di kawasan Simpang Haru.

“Dari tangan tersangka, kami juga mengamankan barang bukti berupa Yamaha Vixion. Kini tersangka dan barang bukti, sudah diamankan,” tukas Iwan. (di)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA