Date Sabtu, 26 July 2014 | 08:05 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Ekonomi Bisnis

Tampilan Baru Sang Fenomenal

All New Xenia

Minggu, 13-11-2011 | 11:36 WIB | 636 klik
All New Xenia

All New Xenia

Toyota dan Daihatsu di Indonesia memang sering kompak, apalagi soal Avanza-Xenia. Serupa dengan All New Avanza yang baru dirilis 9 November lalu, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) juga blak-blakan tentang All New Xenia pada esok hari.


Sejatinya, Avanza-Xenia memang proyek kolaborasi antara Toyota, Astra International, dan Daihatsu. Ketiga elemen otomotif itu sudah menjalin kerjasama sejak 7 tahun silam guna melahirkan sang fenomenal Avanza-Xenia. Keduanya hadir bak pinang dibelah dua.


Karena itulah, ketika All New Avanza dipersiapkan kehadirannya, maka All New Xenia juga mengekor. Bedanya, ADM hanya akan menghadirkan All New Xenia dengan pilihan mesin 1.0-liter dan 1.3-liter, tanpa varian bermesin 1.5-liter.


Meski begitu, baik yang 1.000 cc maupun 1.300 cc, seluruh varian All New Xenia sudah diperkuat dengan teknologi DOHC VVT-i 4 silinder 16 katup per silinder. Belum ada bocoran daya maksimum dari All New Xenia 1.000 cc. Kemungkinan besar masih serupa pendahulunya yang punya keluaran daya 63 PS pada 5.600 rpm dengan torsi maksimum 9.2 kgm di 3.600 rpm.

Pun demikian untuk yang bermesin 1.3-liter, diperkirakan kemampuannya akan setara All New Xenia Xi lawas, yakni memiliki tenaga 109 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 12,2 kgm pada 4.400 rpm.


Marketing Director ADM, Amelia Tjandra sedikit membeberkan, seluruh varian All New Xenia akan diperkuat dengan EPS, power windows, dan juga ada yang sudah dilengkapi AC Double Blower. “Tipe terendah D dan tipe tertinggi R,” katanya.


Ia pun menjelaskan, kalau perbedaan harga antara All New Xenia dengan Xenia generasi sebelumnya. Tampilan baru nampaknya membuat All New Xenia makin percaya diri juga memantapkan target ke depannya. Bayangkan saja dari sebelumya memiliki target 6.000 unit untuk penjualan dalam 1 bulannya kini mencapai 7.000 unit perbulannya.


Eksterior
Sisi penampilan jelas mendapat sorotan utama, layaknya perubahan pada bagian front lamp, grill, bumper, outer mirror, door handle, back lamp, reflector hingga back door opener. Tampang Xenia baru ini kini jelas jauh lebih fresh dan modern.


Bahkan dari segi desain, kini Xenia baru ini jauh lebih memiliki daya aerodinamis dengan model depan yang jauh lebih lebar 30 mm dan panjang 20mm, sedangkan dimensinya pun jauh lebih lebar dari versi sebelumnya.


Interior
Bagian kabin pun lebih menawarkan sisi kenyamanan dengan hadirnya AC double blower untuk varian 1.3-nya, 1strow rear seat: 1-touch tumble & sliding seat, 2ndrow rear seat: 50:50 separate cushion, head rest, ELR seat belt.


Sedangkan untuk jok penumpang pun juga hadir dengan model two tone yang jelas makin membutnya kian modern. Desainya yang jauh lebih panjang dan lebar, jelas membuat kabin kian terasa luas sehingga makin memberikan kenyamanan penumpangnya.


Diminati di Sumbar
Produk generasi kedua Xenia ternyata diminati pasar di Sumbar. Terbukti, meski belum secara resmi diluncurkan pada 9 November lalu, tapi permintaan All New Xenia sudah mencapai 30 unit. Hal itu tidak hanya terjadi di Sumbar, tapi juga di seluruh Indonesia. Untuk memenuhi tingginya permintaan, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meningkatkan produksi pabrikan mereka.


Kapasitas pabrik yang hanya 330.000 unit diproyeksikan hingga akhir tahun mencapai menembus angka 360.000 unit.
“Permintaan sangat tinggi. Sejak tiga pekan lalu, sebelum All New Xenia kami launching, permintaan pelanggan sudah mencapai sekitar 30 kendaraan,” ujar Sales Supervisor PT Astra International Tbk Daihatsu Branch Padang, Syatrul Maulidi kepada Padang Ekspres di kantornya, (10/11).


Ia memaparkan pabrik Daihatsu di Sunter Jakarta juga memproduksi All New Avanza dan akan di diluncurkan di Padang pada 18 November ini di Basko Grand Mall. (bosmobil/mg6)


BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA