Harian Pagi Padang Ekspres | Koran.Padek.co

Siap Jalani Pilkada Badunsanak


Wartawan : 0 - Editor : Elsy Maisany - 2018-02-14 17:03:00 WIB    Dibaca : 139 kali

 


Tiga Daerah Dipimpin Plt Wako

Berselang sehari pascapenetapan pasangan calon wali kota-calon wakil wali kota (cawako-cawawako) peserta Pilkada 2018 di empat kota di Sumbar, kemarin (13/2), KPU menetapkan nomor urut masing-masing calon. Terhitung mulai Kamis (15/2) sampai Sabtu (23/6) mendatang, kampanye badunsanak pun ditabuh.

Nyaris tak ada hambatan berarti dihadapi KPU di empat kota (Padang, Pariaman, Sawahlunto dan Padangpanjang) dalam melakukan pengundian, sekaligus penetapan nomor urut. Di Padang, penetapan nomor urut ini dilaksanakan di Hotel Pangeran Beach, Padang.

Paslon Emzalmi-Desri Ayunda (Emdes) yang diusung tujuh parpol masing-masing Partai Gerindra, PDIP, Partai Golkar, PPP, PKB, Demokrat dan NasDem dengan total 28 kursi dewan, memperoleh nomorurut 1. Sedangkan nomor urut 2 diperoleh paslon Mahyeldi-Hendri Septa diusung dua partai politik yakni PKS dan PAN dengan jumlah 11 kursi.

Sebelum pengundian dilakukan, Komisioner Divisi Teknis KPU Padang Chandra Eka Putra memaparkan tata cara pengundian nomor tersebut. Setelah itu, barulah dilakukan proses pengundian. Begitu kedua paslon membuka nomor urut, spontan pendukung kedua calon bersorak-sorai. Masing-masing kubu saling meneriakan yel-yel paslonnya.

”Ini salah satu keterbukaan dalam pilkada, dihadiri masyarakat dan pendukung kandidat. Mudah-mudahan ini menjadi pertanda baik untuk pelaksanaan pesta demokrasi di Padang,” kata Ketua KPU Padang Muhammad Sawati.

Setelah penetapan nomor urut paslon ini, tambah dia, paslon sudah bisa memulai masa kampanye badunsanak secara resmi. ”Batas masa kampanye adalah 15 Februari sampai 23 Juni,” terang Sawati. Dia berharap, para pendukung paslon bisa mengelola proses demokrasi ini menjadi demokrasi damai dan badunsanak. KPU Padang pun tidak membeda-bedakan pasangan calon dari segi apapun.

Emzalmi seusai memperoleh nomor urut mengaku bahwa semua ini pertanda baik. ”Nomor urut ini merupakan salah satu hal penting untuk menghadapi pilkada 2018,” ujar Emzalmi.

Dia juga bertekad menjadi proses pilkada ini berjalan secara badunsanak. ”Setelah ini berlangsung masa kampanye, mari jalani masa itu dengan baik. Nantinya, bisa terpilih wali kota dan wakil wali kota Padang yang lebih baik,” kata Emzalmi didampingi Desri. 

Mahyeldi menyebut, mengucapkan terima kasihnya kepada semua pendukung yang sudah hadir pada kesempatan itu. ”Dengan ditentukannya nomor urut ini, kami berharap semua proses pilkada berjalan lancar, dan bagi penyelenggara pemilu bisa bekerja sebaik-baiknya,” kata Mahyeldi. 

Nomor urut 2 yang didapatnya, merupakan pilihan bersama antara dia dengan Hendri Septa termasuk istrinya. ”Nyatanya, nomor urut 2 itu cocok pula dengan semboyan tim sukses yakni dua periode,” jelas Mahyeldi. 

Kendati kedua paslon sama-sama menggunakan kemeja putih, namun perbedaan mencolok terlihat pada warns kerah baju dan ujung lengan baju kemeja pendek mereka. Kalau kemeja paslon Emzalmi-Desri berwarna hitam, sedangkan paslon Mahyeldi-Hendri berwarna kuning. 

Sesuai Harapan

Di Pariaman, pengundian nomor urut paslon berlangsung sekitar pukul 13.30 di Hall Saiyo Sakato Pariaman. Paslon Mahyudin-Muhammad Ridwan (MARI) mendapat nomor urut 1. Sementara pasangan Dewi Fitri Deswati-Pabrisal nomor urut 2, serta Genius Umar-Mardison (GEMA) nomor urut 3.

Mahyudin cawako pasangan nomor urut 1 mengaku, nomor urut 1 memberi berkah bagi pasangannya. ”Insya Allah nomor urut 1 pertanda hasil perolehan suara MARI berada di urutan pertama pada pemilu ini,” ujar Mahyudin tersenyum.

Cawako nomor urut 2, Dewi Fitri Deswati mengaku, selalu berdoa setiap selesai shalat agar bisa memperoleh nomor urut 2. ”Kenapa saya berharap nomor 2, karena dalam surat suara akan berada di posisi tengah. Ini sangat menguntungkan, karena begitu buka surat suara mata akan langsung memandang nomor 2,” ujar Dewi.

Pasangan nomor urut 3 Genius Umar-Mardison Mahyudin bersyukur mendapat nomor urut 3. Pasalnya, angka 3 memiliki banyak arti dalam kehidupan pasangan ini. Genius sendiri merupakan anak nomor 3 dan berhasil menyelesaikan pendidikan hingga S-3. ”Apapun nomornya, pasangan GEMA optimistis jadi pemenang pada Pilkada 2018 ini.

Ketua KPU Pariaman Budi Satria mengimbau seluruh timses agar tetap sama-sama menjaga kondisi lebih kondusif, sehingga bisa terwujud pilkada damai dan badunsanak. ”Mari kita kawal dan jaga pesta demokrasi ini, sehingga bisa melahirkan pemimpin pilihan terbaik dari masyarakat,” imbau dia.

Punya Arti Tersendiri

Di Padangpanjang, calon incumbent Hendri Arnis-Eko Furqani memperoleh nomor urut 2, sedangkan Mawardi-Taufiq nomor urut 1. Sedangkan Rafdi M Syarif-Ahmad Fadli nomor urut 3 dan Fadly Amran-Asrul nomor urut 4.

Pengundian nomor urut ini berlangsung di Gedung Pertemuan M Syafei, tadi malam (13/2) mulai pukul 20.00. Paslon Fadly Amran-Asrul menyebut, nomor urut 4 tersebut menggambarkan satu kesatuan pemerintahan. Yakni, eksekutif, legislatif, yudikatif dan masyarakat. Sementara paslon incumbent Hendri Arnis-Eko Furqani menyebut, nomor urut 2 pertanda untuk periode kepemimpinan kedua kalinya.

”Semua nomor mungkin sudah menjadi jalan kita masing-masing. Makanya, secara spesifik tidak ada yang dapat diartikan. Paling tidak, jika kita gambarkan bisa memiliki makna yang diberikan,” ucap Hendri Arnis.

Ketua KPU Padangpanjang, Jafri Edi Putra mengimbau masing-masing kubu paslon dapat menjaga kedamaian. ”Semoga ini menjadi identitas demokrasi di Padangpanjang, berupa pilkada badunsanak,” ungkap Jafri kepada wartawan.

Sampaikan Gagasan

Khusus Sawahlunto, pengambilan nomor urut paslon dipandu Zawil Husaini, Divisi Teknis KPU Sawahlunto. ”Bila KPU fair dalam menyelenggarakan pilkada, kita juga berharap peserta pemilu harus fair dan sama-sama mengawasi penyelenggaraan pemilu,” katanya. 

Dalam pemilihan nomor urut ini, Paslon Fauzi Hasan-Dasrial Ery memperoleh 1. Diikuti, paslon Ali Yusuf-Ismed nomor urut 2 dan nomor urut 3 Deri Asta-Zohirin Sayuti. Fauzi Hasan-Dasrial Ery dalam orasinya menyebutkan, pihaknya ingin menjadikan Sawahlunto bangkit dan nomor 1 menang. ”Satu tusuk, dua lipat dan tiga masukkan dalam kotak,” ujar Fauzi Hasan. 

Ali Yusuf menyebut, nomor urut 2 merupakan salam literasi dan lanjutkan pembangunan 5 tahun ke depan. Deri Asta yang mendapat nomor 3 mengaku, apa yang diperolehnya merupakan doanya sewaktu Sahalat Subuh tadi. ”Satu ambil, dua buka, tiga coblos,” ujar Deri Asta.

Terpisah, Amnasmen, ketua KPU Sumbar menyebutkan, pihaknya mendorong seluruh pasangan calon lebih banyak menyampaikan gagasan-gagasan ke publik. Kemudian, menyampaikan visi misi kepada masyarakat. Sehingga, masyarakat mengetahui kapasitas dan pemikiran pasangan calon untuk Sawahlunto ke depan,” katanya. 

Target KPU, tambah dia, sukses dalam aspek teknis, proses berjalan sesuai harapan, sukses sebagai peserta pemilu yang melakukan seluruh proses tahapan yang telah ditetapkan dan sesuai ketentuan berlaku. ”Keempat, sukses dalam partisipasi,” tuturnya. 

Dijabat Plt Wako

Di sisi lain, hari ini (14/2), Gubernur Sumbar Irwan Prayitno melantik tiga Pelaksana Tugas (Plt) wali kota di Auditorium Gubernuran. Mereka adalah Alwis Plt Wako Padang, Irwan Plt Wako Padangpanjang dan Plt Sawahlunto Abdul Gafar. Sedangkan Pariaman masih tetap dipimpin Wali Kota Mukhlis Rahman.

Kepala Biro Pemerintahan Setprov Sumbar Iqbal Ramadi Payana menyebutkan, penunjukan Alwis sebagai Plt Wako Padang ditetapkan dalam keputusan Mendagri No 131.13/1144/ OTDA. Sedangkan penunjukan Irwan ditetapkan dalam surat keputusan Mendagri No 131-13/1147/ OTDA. Untuk penunjukan Abdul Gafar sebagai Plt Wako Sawahlunto ditetapkan berdasarkan keputusan Mendagri No 131/1146/ OTDA. ”Ketiganya sudah ditetapkan sebagai Plt pada tanggal 9 Februari lalu,” ujarnya.

Plt Wako Padang Alwis mengaku siap melaksanakan amanat yang telah diberikan padanya sebaik-baiknya. ”Tentunya, saya akan menjalankan tugas yang diamanahkan itu. Saya juga mengimbau agar dalam pilkada aparatur sipil negara (ASN) tak berpihak pada pasangan calon mana pun,” ucapnya.

Pj Wako Sawahlunto Abdul Gafar juga mengaku, siap melaksanakan amanah. Di antaranya, menjalankan roda pemerintahan dan menyukseskan pilkada di Sawahlunto. ”Saya juga mengimbau agar ASN netral dan masyarakat yang memiliki hak suara menggunakan hak suaranya,” tukasnya.

Sedangkan Plt Wako Padangpanjang Irwan, meskipun merangkap jabatan sebagai Kepala Biro Organisasi Setprov Sumbar, dia akan membagi waktunya sebaik-baiknya. ”Saya akan berusaha melaksanakan kedua amanah itu sebaik-baiknya,” ucapnya. (*)
© 2014 - 2018 Padek.co