Harian Pagi Padang Ekspres | Koran.Padek.co

Sirion Baru Gairahkan Pasar City Car


Wartawan : 0 - Editor : Elsy Maisany - 2018-02-14 16:53:00 WIB    Dibaca : 53 kali

 


Pasar city car cenderung stabil dalam dua tahun terakhir. Kehadiran produk baru pada tahun lalu seperti Suzuki Ignis cukup membantu mengangkat pasar mobil kota yang semakin lesu. Kemarin (13/2) giliran PT Astra Daihatsu Motor yang mengenalkan generasi city car terbarunya, yakni All New Daihatsu Sirion. Sirion baru tersebut akan menggairahkan pasar city car Indonesia yang berkisar 3.000 unit per bulan.

Sama seperti generasi sebelumnya, Sirion didatangkan secara completely build up (CBU) dari Malaysia. Namun, kali ini All New Sirion hadir dengan fitur yang lebih melimpah. Selain itu, secara dimensi, generasi baru Sirion cenderung lebih besar. Sebab, generasi baru tersebut merupakan full model change, interior dan eksterior juga berubah total.

Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra mengungkapkan bahwa Daihatsu membidik target penjualan tak jauh dari sebelumnya. Daihatsu Sirion mengambil porsi penjualan sekitar 200 unit per bulan dari total pasar city car 3.000 unit per bulan.

”Jika kita lihat, pasar city car memang tak sebesar MPV tujuh penumpang. Karakter buyer Indonesia masih memprioritaskan kendaraan yang bisa muat banyak. Tapi, kami optimistis banyak yang menunggu kehadiran Sirion baru itu,” ujar Amelia saat acara peluncuran kemarin (13/2).

Berdasar data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia sepanjang Januari–Desember 2017, Daihatsu Sirion terjual 1.790 unit. Untuk pasar Indonesia, PT ADM hanya mendatangkan All New Daihatsu Sirion dengan mesin berkapasitas 1.300 cc. Di mancanegara seperti Malaysia, Sirion yang memiliki nama lain Daihatsu Perodua Myvi tersebut memiliki varian 1.500 cc. Untuk alasan efisiensi, PT ADM memutuskan hanya memasarkan varian 1.300cc. ”Di kelas 1.500 cc sudah banyak yang bermain,” tambah Amelia.

Meski berstatus kendaraan CBU, Daihatsu memastikan bahwa keberadaan suku cadang dan layanan purnajual tidak terganggu. ”Kami memiliki sekitar 3.000 layanan part shop yang tersebar di seluruh di Indonesia,” imbuh Amelia.

Disinggung terkait kemungkinan untuk dirakit lokal, Daihatsu mengungkapkan bahwa untuk sementara ini Sirion tetap didatangkan secara CBU. Sebagaimana kebanyakan produk lain, perakitan produk secara completely knocked down (CKD) biasanya menunggu volume penjualan mencapai angka yang signifikan. ”Kalau kita lihat, penjualan city car di Indonesia tidak besar. Lain halnya dengan penjualan Myvi di Malaysia yang mencapai 12.000 unit per bulannya,” jelas Amelia. (*)
© 2014 - 2018 Padek.co