Harian Pagi Padang Ekspres | Koran.Padek.co

Air Batang Lembang Bisa Diminum


Wartawan : 0 - Editor : Elsy Maisany - 2018-02-14 16:33:00 WIB    Dibaca : 65 kali

 


Pemko Solok Kerja Sama dengan Jepang

Kebutuhan air bersih di Kota Solok terus meningkat. Meski ada beberapa sumber air di daerah tersebut, namun masih terkendala teknologi untuk pengolahannya. Namun, saat ini Pemko Solok bersama perusahaan air minum dari Kota Toyohashi Jepang melakukan pengolahan air Batang Lembang. Sehingga air itu bisa langsung dikonsumsi masyarakat.

Hal ini disampaikan Wali Kota Solok Zul Elfian, kemarin (13/2) saat meluncurkan air olahan siap minum instalasi pengolahan air (IPA) PDAM Kelurahan KTK hasil pendampingan PDAM Kota Toyohashi Jepang di bawah komando Mr Osakawa.

Dia menyampaikan apresiasi tim teknis PDAM Toyohashi, karena berkat pendampingannya di PDAM Kota Solok sehingga air olahan IPA KTK yang dari sumber bakunya dari Batang Lembang bisa langsung diminum.

“Kita sangat berterima kasih kepada Mr Osakawa dan tim yang telah melatih tim teknis kita dan mendampingi dari 2015 sampai sekarang. Sehingga hari ini kita bisa minum air hasil olahan IPA KTK ini secara langsung,” ujarnya.

Zul berharap kerja sama yang terjalin saat ini jangan hanya berhenti sampai di sini. Tapi terus berlanjut. “Kita berharap kerja adanya kerja sama lainnya dengan pihak Toyohashi,” ungkap Zul Elfian.

Harapan Perpamsi ke pihak Toyohashi untuk dapat memberikan pendampingan serupa kepada PDAM lain di Sumatera Barat. “Kita berkeinginan apa yang telah dilakukan ini dapat meringankan beban masyarakat Kota Solok khususnya dan umumnya masyarakat Sumbar jika hal serupa dilakukan tim Toyohashi di kabupetan/kota lain di Sumbar,” tambahnya.

Pada kesempatan itu, Wako memberikan penghargaan sebagai warga kehormatan kepada Mr Osakawa atas bantuannya kepada Kota Solok sejak awal kerja sama Kota Solok dengan Kota Toyohashi sampai berakhir.

Sementara, Direktur PDAM Kota Solok, Ridwan mengatakan, ini akan membantu memberikan pelayanan yang terbaik untuk kebutuhan air siap minum di Kota Solok dari air sungai Batang Lembang yang keruh. Hingga saat ini bisa dikonsumsi, karena bimbingan yang diberikan oleh PDAM Kota Toyohashi Jepang.

Katanya, saat ini ada 15 PDAM di Sumbar yang butuh bimbingan dari metanical Toyohashi Jepang. Perwakilan PDAM Toyohashi, Osakawa mengatakan, tujuan program ini supaya Kota Solok bisa membantu menyelesaikan permasalahan yang ada. Salah satunya bagaimana air sungai menjadi  layak minum. (*)
© 2014 - 2018 Padek.co