Harian Pagi Padang Ekspres | Koran.Padek.co

Ubah Pasar Rakyat Bernuansa Modern


Wartawan : 0 - Editor : Elsy Maisany - 2018-02-14 16:31:00 WIB    Dibaca : 49 kali

 


Pasar Ampalu yang terletak di Nagari Ampalu, Kecamatan Kotosalak, merupakan satu dari tiga pasar rakyat bernuansa modern yang dibangun oleh Pemkab Dharmasraya. Pendanaan dibantu Pemerintah Pusat. Saat ini, Pasar Ampalu sudah rampung dibangun dan tinggal diresmikan. Tidak lama lagi, pasar modern di Nagari Ampalu sudah dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya. Hal ini disampaikan Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan saat mengunjungi pasar rakyat tipe C ini, Selasa (13/2).

Menurutnya, pembangunan pasar modern di beberapa titik di Kabupaten Dharmasraya merupakan salah satu upaya pemerintah dalam menggenjot perekonomian masyarakat. Tidak hanya itu, kehadiran pasar rakyat ini juga dimaksudkan untuk menciptakan kenyamanan antara pedagang dan pembeli.

“Pasar rakyat ini dibangun dengan fasilitas terbaik dan memadai. Pemikiran buruk tentang pasar rakyat, seperti becek, kumuh, semrawut dan berbagai tanggapan negatif lainnya, diharapkan tidak ada lagi karena pasar rakyat ini sudah bernuansa modern,” katanya.

Pendidikan Generasi Muda

Sebelumnya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan juga menyambangi SMAN 1 Tiumang, Selasa (13/02), dalam agenda apel pagi. Dalam amanatnya, Bupati menyampaikan, siswa dan sekolah adalah investasi daerah untuk masa depan. Dari sekolahlah nanti akan lahir generasi-generasi yang akan menjadi agen perubahan untuk kemajuan daerah ini di masa datang.

Dalam kesempatan itu juga menekankan tentang pentingnya pendidikan bagi generasi muda. Sebab keahlian dan kompetensi, sangat dibutuhkan di tengah kian derasnya arus perkembangan zaman saat ini, dan itu hanya bisa didapatkan melalui pendidikan.
“Saat ini, Tiumang telah melahirkan doktor dan profesor. Selanjutnya, siswa yang saat ini berdiri di depan saya yang akan menjadi doktor, profesor ataupun ahli di bidang lainnya,” ujar Bupati memberi motivasi.

Bupati juga berpesan kepada para siswa untuk bersunggug-sungguh dalam menempuh pendidikan dan meraih cita-cita. Dalam kesempatan itu, Bupati secara pribadi juga menyerahkan bantuan untuk SMAN 1 Tiumang senilai Rp 10 juta. (*)
© 2014 - 2018 Padek.co