Harian Pagi Padang Ekspres | Koran.Padek.co

JDT vs Persija: Duel Macan Lapar


Wartawan : 0 - Editor : Elsy Maisany - 2018-02-14 15:57:00 WIB    Dibaca : 218 kali

 


Setelah 16 tahun yang lalu, Persija akhirnya kembali lagi merasakan atmosfer kompetisi regional Asia. Macan Kemayoran -julukan Persija- akan menghadapi Johor Darul Takzim (JDT) pada laga pembuka grup H AFC Cup 2018 (siaran langsung RCTI pukul 19.15 WIB). Kedua klub merupakan tim yang mengusung macan sebagai simbol mereka.

Duel macan kelaparan itu bakal menandakan comeback Macan Kemayoran. Ismed Sofyan dan kawan-kawan datang ke Johor dengan kondisi yang cukup solid. Mereka sudah memastikan satu tempat pada babak final Piala Presiden yang berlangsung 17 Februari mendatang. Komposisi skuat asuhan Stafano Cugurra itu juga tengah on fire, terutama penyerang impor anyar mereka, Marko Simic.

Simic tampil impresif dengan delapan gol yang sudah dia ciptakan sepanjang Piala Presiden 2018. Satu di antaranya tercipta via sepakan penalti. Sokongan winger yang dimiliki Persija, Simic diharapkan menjadi tumpuan Macan Kemayoran untuk membongkar pertahanan tuan rumah.

Langkah Persija tentu tidak akan mudah, JDT sebagaimana diketahui merupakan juara bertahan Liga Super Malaysia empat musim beruntun sejak 2014 silam. Tetapi, kondisi JDT musim ini belum solid betul. Terakhir mereka harus tumbang (0-1) dari Kuala Lumpur FA pada laga lanjutan Liga Super Malaysia 2018.

Kedua tim juga sama-sama dalam situasi kompetisi yang cukup padat. JDT terakhir bermain pada Sabtu pekan lalu, sedangkan Persija setelah melakoni second leg semifinal Piala Presiden Minggu (12/2) langsung bertolak malam harinya ke Johor.

Teco, pelatih Persija tidak mengelak bahwa pemainnya dalam kondisi yang cukup lelah. Tetapi laga perdana mereka di AFC Cup kali ini tentu tidak ingin dinodai dengan kekalahan. “JDT punya pemain bagus, mereka punya kecepatan, kami respect saja,” ujarnya.

Salah satu modal bagi Persija adalah, Marko Simic sempat beredar di Liga Super Malaysia pada paruh akhir musim 2017. Simic juga pernah membobol gawang JDT kala membela Melaka United pada Piala Malaysia 2018. Meskipun timnya kalah 1-4, pengalaman dia menjadi modal buat Persija pada pertandingan malam ini kali ini. Selain itu, masih ada sosok Bambang Pamungkas yang juga pernah beredar di kompetisi Malaysia.

Sementara itu, JDT juga punya handicap luar biasa kala menjamu tim lawan di pentas AFC Cup. Pada musim 2017, mereka menyapu bersih poin kandang dengan skor menyakinkan. Ulisses Morais, pelatih JDT mengakui bahwa timnya dalam kondisi stabil. Meskipun baru saja kalah dari Kuala Lumpur FA, semua pemain dipastikan bisa tampil. “Kami sudah meneliti video perlawanan pasukan Persija,” ujarnya. Pelatih asal Portugal itu juga mengincar tiga poin penuh di kandang JDT. (*)

© 2014 - 2018 Padek.co