Harian Pagi Padang Ekspres | Koran.Padek.co

Satlantas Diingatkan Lengkapi Rambu Lalin


Wartawan : 0 - Editor : Elsy Maisany - 2018-02-13 14:57:00 WIB    Dibaca : 29 kali

 


Jalan Sudirman Diikutkan Penilaian KTL

Korlantas Mabes Polri mengingatkan Satlantas Polresta Padang agar melengkapi rambu lalu lintas (lalin) di Jalan Sudirman. Peringatan itu sehubungan Jalan Sudirman masuk penilaian untuk mengikuti lomba Kawasan Tertib Lalu Lintas (KTL) tingkat nasional.

Kemarin (12/2), perwakilan dari Korlantas Mabes Polri melakukan inspeksi mendadak (sidak) dan melihat langsung kondisi jalan yang akan dinilai. Sekilas Jalan Sudirman mendapat pujian, baik marka jalan maupun pengendaranya. Namun, untuk mengikuti lomba, pihaknya mendapatkan beberapa masukan dari Korlantas Mabes Polri.

Selain rambu lalu lintas, diingatkan pula tentang CCTV yang terkoneksi dengan Polresta Padang. “Tadi ada beberapa masukan, seperti kelengkapan rambu dan beberapa hal lain seperti CCTV yang terkoneksi dengan Polresta,” kata Kasat Lantas Polresta Padang, Kompol Asril Prasetya, kemarin (12/2).

Dijelaskan, mengikuti lomba KTL tingkat nasional, Satlantas Polresta Padang memilih Jalan Sudirman karena dinilai lebih cocok untuk kriteria penilaian. Pemilihan jalan telah disepakati dengan pihak Pekerjaan Umum dan Dinas Perhubungan Kota Padang.

Jalan Sudirman dinilai lebih lengkap dan lebih teratur dibanding jalan lainnya. “Di Kota Padang ada 5,8 kilometer kawasan KTL. Jalan Sudirman ini ada sekitar 1,8 kilometer dan jalan itu yang lebih teratur dibanding lokasi KTL lainnya,” sambungnya.

Analis kebijakan Korlantas Mabes Polri, Kombes Pol Eddy Junaedi yang menjadi ketua tim penilaian mengatakan, tiga Polres mengikuti lomba dari 19 Polres di Sumbar. Satu di antaranya, Satlantas Polresta Padang. Eddy Junaedi menjelaskan, tahap pertama pihaknya akan melakukan penilaian di Polda Sumbar yang akan diwakili oleh Polresta Padang, Polres Bukittinggi dan Polres Payakumbuh.

“Kami menilai tidak hanya dari segi lalu lintas saja, tetapi juga dari segi sarana dan prasarana yang ada,” lanjutnya. Ia menambahkan, pihaknya akan menilai kelengkapan seperti rambu-rambu yang ada serta keadaan jalannya sendiri. Makanya tim penilai juga melibatkan Kementerian PU PR dan Kementrian Perhubungan. Termasuk, ketaatan masyarakat terhadap aturan lalu lintas.

Sebagai mantan Dirlantas Polda Sumbar, ia menilai KTL di Kota Padang telah banyak perubahan dan semakin baik disbanding beberapa tahun lalu. “Kalau dilihat perbandingannya saat saya menjadi Dirlantas, sangat banyak perubahan dan sudah lebih baik,” pungkasnya. (*)
© 2014 - 2018 Padek.co