Harian Pagi Padang Ekspres | Koran.Padek.co

Diyakini Mampu Sembuhkan Berbagai Penyakit


Wartawan : 0 - Editor : Elsy Maisany - 2018-02-13 14:44:00 WIB    Dibaca : 35 kali

 

Objek Wisata Pemandian Air Angek Padangganting

Secara geografis Pemandian Air Angek Nagari Padangganting sangat strategis. Lokasinya sekitar 17 kilometer dari Batusangkar dan sekitar 27 kilometer dari Kota Sawahlunto, sekitar 15 kilometer dari jalan utama Lintau menuju Batusangkar. Lokasi ini tengah ramai dikunjungi masyarakat. Seperti apa?

Mencari lokasinya tak terlalu sulit. Moda transportasi juga mudah mencapai objek wisata Pemandian Air Angek ini. Lokasinya berada di Nagari Padangganting. Pemandangan di nagari ini juga tak kalah indah. Terletak di lembah yang diapit dua bukit yang dikenal dengan Bukit Pagie dan Bukit Palano. Di tengahnya mengalir dua sungai yang dikenal dengan Batang Selo dan Batang Ombilin.

Pemandian Air Angek ini menjadi terkenal karena diyakini bisa mengobati berbagai penyakit. Mulai stroke, gatal-gatal, kudis, panu dan lainnya. “Banyak kesaksian yang didengar dari pengunjung yang mandi di Pemandian Air Angek tersebut,” ujar pengelola Pemandian Air Angek, Amrul Agus.

Diakuinya,  tempat pemandian objek wisata Air Angek masih sederhana. Tempat mandi laki-laki dan perempuan dipisahkan. Namun kepada pengunjung sebelum mandi diingatkan untuk makan lebih dulu. “Kalau ada pengunjung yang pingsan dan pihak keluarga yang membawa jangan panik. Biarlah dulu mungkin karena kecapean dan biasanya karena belum makan,” katanya.

Dia menjelaskan, jumlah pengunjung mencapai 300 orang per hari. Mereka tidak saja dari Tanahdatar tapi juga dari berbagai kabupaten/kota lainnya di Sumbar. Seperti Bukittinggi, Kabupaten Limapuluh Kota, bahkan Riau. ”Ada juga turis asing yang mencoba mandi di sini,” katanya.

Bahkan setiap hari Selasa dan Sabtu jumlah pengunjung terus meningkat. Karena pada hari tersebut airnya lebih panas. “Pengunjung biasanya mandi sampai pukul 24.00. Kebanyakan pengunjung berusia di atas 40 tahun. Kalau anak muda biasanya datang siang hari,” katanya.

Untuk meningkatkan pelayanan kepada pengunjung, pihaknya terus melakukan pembenahan. Walau milik kaum tapi karcis masuk tetap mengacu kepada Peraturan Nagari (Pernag). Harga karcis terbilang murah, hanya Rp 5.000 per orang dan bebas biaya parkir.

“Kami ingin mengembangkan objek wisata dan membuka pintu kepada investor. Saat ini tengah disusun master plan pembangunan objek wisata Air Angek ini. Di samping kita buat toilet, mushala  juga ada kedai di sekitar pemandian,” katanya.

Di samping itu, penginapan untuk pengunjung yang ingin menginap di Air Angek Padangganting juga ada. Fasilitas empat kamar. Ke depan objek tersebut akan dilengkapi kolam pancing, arena hiking, camping area, rumah pohon dan tempat bermain anak-anak. Sehingga pengunjung dapat hiburan yang lengkap dan merasa nyaman. (*)
© 2014 - 2018 Padek.co