Harian Pagi Padang Ekspres | Koran.Padek.co

Momentum Godok Skuat


Wartawan : 0 - Editor : Elsy Maisany - 2018-02-13 13:52:00 WIB    Dibaca : 52 kali

 

8 Tim Ambil Bagian di PGK 2018

Menjelang bergulirnya Liga 2018, sejumlah klub peserta bakal menghadapi satu turnamen terakhir. Adalah Piala Gubernur Kalimantan Timur (PGK) 2, yang akan bergulir pada 23 Februari - 4 Maret 2018. Ajang tersebut merupakan agenda tahunan yang sempat absen pada edisi tahun lalu. 

Total 8 klub ambil bagian pada turnamen tersebut (selengkapnya lihat grafis). 7 di antaranya merupakan klub yang akan tampil di Liga 1 2018. ”Sejak November tahun lalu, kami sudah ajukan plot jadwal turnamen ini,” ujar Yunus Nusi, Ketua Asprov PSSI Kaltim kepada awak media kemarin (12/2).

Semula PGK 2 direncakan bergulir pada 18-28 Februari. Tetapi seiring kepastian mundurnya Liga 1, panitia penyelenggara memutuskan untuk mengubah jadwal yang ada. Terlebih, sejumlah peserta juga masih menjalani babak semifinal Piala Presiden 2018. 

Dengan situasi yang ada saat ini, PGK 2 juga menjadi ajang menggodok skuad tim Liga 1.  Seperti yang disampaikan Rosyid Mardani, sekretaris tim Madura United. Saat ini, klub yang berjuluk Laskar Sape Kerrab itu tengah melakukan seleksi pemain asing. Antara lain, gelandang Lamjed Chehoudi dari Tunisia, Stevan Markovic (Montenegro), dan Alejandro Fiorina (Argentina).

”Kami butuh atmosfer kompetisi sebelum Liga 1, PGK menjadi solusi,” kata Rosyid yang mewakili Madura United dalam manajer meeting kemarin. Menurutnya, manajemen dan tim pelatih masih mencari sosok dua pemain yang bertipikal pemain bertahan dan satu lagi di lini depan. Harapannya via PGK 2 kali ini bisa segera diputuskan.

Lain halnya dengan Arema FC. Tim yang musim diperkuat 70 persen skuad muda itu butuh suasana pertandingan. ”Kalau sebelum PGK ada turnamen, akan kami ikutkan, karena misi kami untuk team building jelang kompetisi,” Ruddy Widodo, general manager Arema FC. 

Regulasi turnamen sebagian besar mengadopsi Piala Presiden yang masih bergulir. Salah satunya terkait penggunaan pemain asing. Setiap tim diperbolehkan mendaftarkan 6 pemain. Tetapi, hanya empat pemain asing yang bisa diturunkan dalam setiap pertandingan. PT Liga Indonesia Baru (LIB) sendiri langsung bertindak sebagai konsultan pada turnamen pramusim yang memasuki tahun kedua ini. (*)
© 2014 - 2018 Padek.co