Harian Pagi Padang Ekspres | Koran.Padek.co

MAS Plus Padang Gantiang Terus Berbenah


Wartawan : 0 - Editor : Elsy Maisany - 2018-01-23 14:19:00 WIB    Dibaca : 45 kali

 


Kehadiran Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Plus Padang Ganting menjawab kebutuhan pendidikan di Tanahdatar. Sekolah keagamaan tingkat SLTA yang  berdiri tahun 2001 awalnya digagas pemuka masyarakat Padangganting yang berada di bawah naungan Yayasan Tuan Kadhi Padang Ganting.

Kepala MAS Plus Padang Ganting Hardison menyebutkan, pihaknya berusaha  meningkatkan penghayatan dan pengamalan ajaran agama dan budaya bangsa. Sehingga menjadi sumber kearifan  dalam bersikap dan bertindak, melaksanakan pembelajaran, bimbingan dan pelayanan secara optimal.

MAS Plus Padang Ganting terus berkembang dan mengalami peningkatan. Saat ini terdapat 120 siswa  yang terdiri dari tiga jurusan. Ada 30 pengajar dengan kualifikasi  pendidikan S-1 bahkan ada yang sudah S-2.

“Melalui kerja sama yang baik dengan seluruh guru dan tenaga pengajar, sekolah kita sudah sejajar dengan MAN lainnya di Kabupaten Tanahdatar,” katanya.

Dari segi prestasi, sekolah ini meraih juara I Khutbah Jumat HUT RI Padang Ganting, juara I MTQ Tartil Dasar Kabupaten Tanahdatar, juara II Tilawah Kecamatan Padangganting. Kemudian bidang KSM dan aksioma, mewakili Kabupaten Tanahdatar dalam KSM bidang studi Matematika dan Tafsir Tingkat Sumatera Barat.

Kepala Madrasah juga dapat reward dari Pemkab Tanahdatar untuk mengikuti studi banding  ke Malaysia dan Singapura. Sejak tahun 2013 sampai sekarang dengan akreditasi B dan tidak itu saja siswanya juga diterima di SNPTN, SPAM/PTKIN dan SBMPTN. Jika tahun 2015/2016 diterima 25 orang dan tahun 2016/2017 diterima sebanyak 31 siswa.

“Kita juga mendorong siswa aktif dalam kegiatan kepramukan dan lainnya. Belum lagi kegiatan keagamaan seperti kasidah, khutbah dan ceramah,” katanya.

Perkembangan sekolah ini juga berkat bantuan masyarakat baik dari kampung maupun dari perantauan. Seperti Yayasan Tuan Kadhi, Baznas dan lainnya. (*)
© 2014 - 2018 Padek.co