Harian Pagi Padang Ekspres | Koran.Padek.co

Dua Ranperda Inisiatif Dibahas Komisi


Wartawan : 0 - Editor : Elsy Maisany - 2018-01-13 13:31:00 WIB    Dibaca : 36 kali

 


Komisi I DPRD Agam bakal membahas dua rancangan peraturan daerah (Ranperda) inisiatif usulan pemerintah setempat. Dua ranperda tersebut yaitu, Ranperda Bamus Nagari diusulkan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Nagari (DPMN) Agam dan Ranperda Ketertiban Umum diusulkan Satpol PP dan Damkar Agam.

Kedua ranperda tersebut diusulkan pada rapat kerja Komisi I DPRD Agam dengan mitra, yakni Asisten I, DPMN, Satpol PP dan Damkar. Rapat yang dilaksanakan di aula II DPRD Agam, dipimpin Ketua Komisi I DPRD Agam Feri Adrianto. Ikut hadir anggota Komisi I Helmon Dt Hitam, Irfawaldi, Amrizal, Saharuddin, serta pendamping dari Sekretariat Ratna Wilis dan Hendra.

Akibat keterbatasan dana daerah, menurut Kasubag Humas DPRD Hasneril, proses pengolahan kedua ranperda tersebut diserahkan pada DPRD (Komisi 1).

”Di samping keterbatasan dana daerah, Komisi I akan tetap berusaha melahirkan perda yang betul-betul dibutuhkan dan tepat sasaran dalam penyelenggaraan tatanan masyarakat. Tentunya, kita akan melibatkan pemda dalam proses pembuatan perda ini agar benar-benar tepat sasaran. Tidak hanya pemda, kita juga melibatkan tenaga ahli dan tokoh masyarakat,” jelasnya.

Kurangnya pemahaman Bamus Nagari mengenai tugas dan fungsinya, menurut dia, membuat seringnya terjadi tumpang-tindih dengan tugas dan fungsi wali nagari. Selain itu, juga diperlukan aturan lebih spesifik untuk mengatur ketertiban umum di samping aturan-aturan yang sudah ada.

”Kita minta kepada DPMN maupun Satpol PP dan Damkar agar menyiapkan bahan yang dibutuhkan dalam proses awal pembuatan perda ini. Kita usahakan pada 20 Januari mendatang sudah dimulai pembahasan awal untuk kedua ranperda ini,” ujarnya. Dia juga meminta agar agenda daerah yang diwajibkan 2018 ini perlu segera dilaksanakan. (*)
© 2014 - 2018 Padek.co