Harian Pagi Padang Ekspres | Koran.Padek.co

Petinju Sumbar Bebas Pilih Daerah


Wartawan : 0 - Editor : Elsy Maisany - 2018-01-13 12:56:00 WIB    Dibaca : 27 kali

 


Untuk Porprov 2018 di Padangpariaman

Pengprov Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Sumbar memastikan setiap petinju Sumbar bebas untuk memilih kabupaten/kota yang ingin mereka perkuat pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumbar ke-XV di Kabupaten Padangpariaman, November mendatang.

Tentu petinju tersebut betul-betul tercatat sebagai warga Sumbar yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).

”Mereka harus warga Sumbar yang dibuktikan dengan KTP elektronik dan KK. Sementara itu untuk petinju Sumbar bebas untuk memperkuat daerah mana yang mau diperkuat. Namun mereka harus lolos adminitrasi, yaitu mendapat surat keluar dari Pertina asalnya dan mendapat rekomendasi dari Pertina yang dituju,” ungkap Ketua Pertina Sumbar, Togi P Tobing, kemarin (12/1).

Untuk Porprov di Padangpariaman nanti, selain petinju tuan rumah, pihaknya juga akan memberikan beberapa wild card terhadap petinju lain untuk bisa tampil di ajang multi iven terbesar Ranah Minang itu.

”Semua petinju tuan rumah sudah pasti lolos ke Porprov. Selain itu kami dari Pertina Sumbar juga memberikan beberapa wild card kepada petinju lain, wild card yang akan kami berikan tidak banyak palingan dua atau tiga saja,” lanjutnya.

Menurut Togi, petinju yang akan menerima wild card itu memilki beberapa kriteria. Pertama, petinju tersebut dinilai potensial, namun tidak lolos. ”Bisa saja petinju yang potensial ini saat babak pra Porprov bertemu lawan yang berat dan langsung gugur. Namun pastinya kami dari Pertina Sumbar akan melakukan pemantauan terhadap petinju yang akan menerima wild card ini,” jelasnya.

Untuk pra Porpov sendiri, Pertina Sumbar berencana menggelarnya sebanyak dua kali, yang pertama sudah dilaksanakan di Padang, yaitu saat Kapolda Cup beberapa waktu lalu. Sedangkan untuk pra Porprov kedua akan digelar di Lubuksikaping, April mendatang.

”Saat itu baru yang terjaring sebanyak 56 petinju. Kami masih akan mencari 46 petinju lagi melalui Praporprov. Total kelas yang akan di pertandingan di Porprov nanti adalah sebanyak 16 kelas. Total peserta adalah 96 petinju dari Praporprov, 16 petinju tuan rumah, dan ditambah beberapa petinju wild card khusus ,” ujarnya.

Terkait usia, Pertina Sumbar memberi batasan usia bagi petinju yang mengingkuti Porprov yaitu usia 18 sampai 25 tahun. Dan dari perkembangan sejauh ini, persaingan antar daerah cukup ketat.

”Meski Padang kemarin juara umum, belum tentu Padang juara di Padangpariaman nanti. Berdasarkan pengamatan saya di beberapa kejuaraan, daerah yang keluar sebagai juara selalu berbeda-beda,” pungkasnya. (*)
© 2014 - 2018 Padek.co