Harian Pagi Padang Ekspres | Koran.Padek.co

Jambret Dihadiahi Lima Tembakan


Wartawan : 0 - Editor : Elsy Maisany - 2018-01-12 16:05:00 WIB    Dibaca : 64 kali

 

Sempat Rampas Mobil saat Kabur

Spesialis jambret dan begal terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas karena melawan petugas. Pelaku mencoba melawan polisi senjata tajam saat penangkapan di Jalan Alang Laweh Koto, Kelurahan Alanglaweh, kemarin (11/1).

Lima butir peluru tim gabungan Polresta Padang bersarang di kaki, pelaku berinisal DT setelah sempat terjadi kejar-kejaran dengan polisi. Sebelum dilumpuhkan, pria 40 tahun itu melakukan penjambretan di kawasan Bundaran Air Mancur, Pasar Raya Padang sekitar pukul 16.00. Aksi pelaku diketahui hingga dikejar oleh massa. Namun pelaku berhasil kabur menggunakan motor.

Sesampai di Jalan Dobi, pelaku jatuh dari motornya. Pelaku sempat duet dengan salah seorang anggota Brimob yang membuntutinya. Pelaku kemudian meninggalkan motor dan melanjutkan pelarian. Beberapa ratus meter berlari, pelaku nekat merampas mobil Suzuki Karimun warna silver BA 1864 QW milik Andi Putra, 40. Mobil korban yang sedang terkena macet dirampas dan dibawa kabur oleh pelaku.

Jajaran Polresta Padang yang mendapat informasi adanya aksi penjambretan dan begal tersebut, menurunkan tim untuk melakukan pengejaran dan melacak keberadaan mobil yang dibawa kabur pelaku. Akhirnya, residivis yang sudah berulang kali keluar masuk penjara dan dikenal sadis menjalankan aksinya itu, terlacak berada di Jalan Alang Laweh Koto, Kelurahan Alanglaweh, Kecamatan Padang Selatan.

Personel yang terdiri dari jajaran Polsek, Satuan Lalulintas hingga Buser Reskrim meluncur ke lokasi. Pelaku yang lagi nyantai langsung ditangkap. Namun saat ditangkap, pelaku mencoba kabur. Personel Reskrim Polresta Padang, Bribka David Riko Darmawan pun mengejar hingga pelaku lari ke semak-semak untuk bersembunyi. Petugas terus mengejar hingga masuk ke semak yang berjarak sekitar 300 meter dari lokasi mobil terparkir.

Pelaku terus berupaya melawan. Petugas melakukan tembakan peringatan ke atas beberapa kali namun tidak diindahkan pelaku. Akhirnya pelaku ditembak persis di kakinya sebanyak lima kali. Setelah dilumpuhkan, Unit Brigade Motor (BM) Polresta Padang membantu mengamankan pelaku. Selanjutnya dilarikan ke Rumah Sakit Bhayangkara Polda Sumbar untuk mendapat perawatan intensif.

Menurut David Riko Darmawan, didampinggi oleh Unit Brigade Motor (BM) Polresta Padang Aiptu Finer, saat penjambretan di Air Mancur, ada salah seorang personel yang bertugas di Polda di lokasi. Polisi melihat pelaku menggunakan sepeda motor bolak balik di lokasi. Melihat gelagat pelaku, polisi curiga.

“Ternyata benar, sekitar 15 menit di lokasi, anggota Polda tersebut melihat pelaku menjambret handphone orang di dalam angkot. Saat itu juga ia langsung mengejarnya dengan maksud menangkap pelaku. Di sana pelaku duel dengan anggota Polda itu, dan akhirnya pelaku pura-pura menyerah,” ujarnya.

Ternyata ciri-ciri pelaku sama dengan pelaku yang selama ini diincar aparat. “Saya pun menyebarkan informasi. Sekitar 40 menit saya mendapatkan kabar bahwa dia berada di rumah neneknya di Jalan Alang Laweh Koto, Kelurahan Alanglaweh. Saya pun ke sana,” ungkapnya.

Kapolresta Padang, Kombes Pol Chairul Aziz mengungkapkan, pihaknya mengintruksikan seluruh jajaran dan ditindaklanjuti personel lalu lintas. Jajarannya langsung melakukan penyisiran dan ditemukan mobil berada di belakang salah satu hotel. “Kemudian saya hubungi Kasat Reskrim untuk mengirimkan tim hidden, sedangkan anggota BM yang sudah di lokasi saya perintahkan untuk tidak menyentuh mobil tersebut sebelum tim hidden datang,” terangnya.

Chairul Aziz menjelaskan, pelaku merupakan daftar pencarian orang (DPO) Polresta Padang. “Kemarin juga ada jambret dan pelakunya juga dia. Tersangka ini merupakan spesialis jambret di Kota Padang. Terhadap pelaku akan kita jerat pasal 365 KUHP dengan ancaman di atas sepuluh tahun penjara,” pungkasnya. (*)
© 2014 - 2018 Padek.co