Harian Pagi Padang Ekspres | Koran.Padek.co

Pasaman Kekurangan Penyuluh Pertanian


Wartawan : 0 - Editor : Elsy Maisany - 2018-01-12 15:59:00 WIB    Dibaca : 34 kali

 



Dinas Pertanian Kabupaten Pasaman masih membutuhkan tenaga penyuluh profesional guna menunjang peningkatan dan pendapatan para petani di daerah itu. Berdasar data Dinas Pertanian, jumlah tenaga penyuluh saat ini ada 104 orang.

“Tenaga penyuluh pertanian yang ada saat ini tidak sebanding dengan luas wilayah kerja di Pasaman. Pasalnya, satu nagari membutuhkan dua tenaga penyuluh pertanian,” kata Kepala Bidang Penyuluh Pertanian, Rusmarudin kepada Padang Ekspres, kemarin.

Rusmarudin mengatakan, untuk pengangkatan tenaga honorer tidak bisa dilakukan. Seorang penyuluh pertanian memiliki peran penting. Mereka turun ke lapangan memberikan pemahaman dan pelatihan kepada para petani tentang cara bertanam. “Selain itu juga melakukan pemantauan ke lahan pertanian dan hal lainnya,” tambahnya.

Jika dihitung dalam 20 hari kerja, idealnya seorang penyuluh membina sepuluh kelompok tani. Dalam satu bulan penyuluh tersebut harus berkunjung dua kali secara bergilir ke masing-masing kelompok tani. “Ini yang belum terlaksana secara maksimal karena wilayah kerja yang luas dan banyak kegiatan lainnya,” katanya.

Di sisi lain, Rusmarudin mengatakan, tahun 2019, diperkirakan banyak tenaga penyuluh pertanian memasuki masa pensiun, sehingga akan terjadi lagi kekurangan tenaga.

“Meski demikian, kami berupaya memaksimalkan sumber daya yang ada seperti tenaga harian lepas dengan memberikan pembinaan dan pelatihan-pelatihan, sehingga mampu membimbing para petani, terutama dalam penerapan teknologi tepat guna,” tuturnya. (*)
© 2014 - 2018 Padek.co