Harian Pagi Padang Ekspres | Koran.Padek.co

KTM Siapkan Rp 321 M Bajak Marquez


Wartawan : 0 - Editor : Elsy Maisany - 2018-01-12 15:21:00 WIB    Dibaca : 29 kali

 

Satu tim yang diprediksi bakal agresif dalam memburu pebalap-pebalap top tahun ini adalah KTM. Pabrikan Austria ini punya ambisi besar menumbangkan dominasi raksasa-raksasa Jepang. Apalagi mereka mendapatkan dukungan dana melimpah dari sponsor utama mereka Red Bull.

Dari sisi pengembangan motor, musim lalu, KTM juga sangat maju dibandingkan pabrikan lain seperti Aprilia atau bahkan Suzuki sekalipun. KTM sudah merengguk sukses di kelas Moto3. Di musim debutnya di kelas Moto2 dan MotoGP tahun lalu, perkembangan skuad yang bermarkas di Mattighofen, Austria itu juga mengagumkan. Dalam 10 balapan, Pol Espargaro sudah berhasil menembus 10 besar. Pergantian sistem pengapian mesin dari ”screamer” menjadi ”big bang” yang dilakukan di tengah musim untuk mengejar ketertinggalan, merupakan bukti bahwa mereka sedang berlari.

Tahun lalu, mencuat isu bahwa KTM akan membajak Marc Marquez dari Honda saat kontraknya kedaluarsa akhir tahun ini. Red Bull yang menjadi menyeponsori Marquez sejak lama dikabarkan siap menggelontorkan dana hingga EUR 20 juta (Rp 321, 877 miliar) untuk mendatangkan juara empat kali MotoGP tersebut.

Isu tersebut pertama diungkap oleh manajer sejumlah rider MotoGP Carlo Pernat. Tak lama kemudian, Bos KTM Stefan Pierer membantah gosip tersebut. ”Kami tidak ingin pengalaman Jorge Lorenzo terjadi di KTM,” katanya. Maksudnya adalah, Lorenzo yang didatangkan Ducati dengan dana besar malah tidak sesuai ekspektasi. Daripada mendatangkan Marquez, KTM memiliki pilihan rider potensial Miguel Oliveira atau Brad Binder yang kini berlaga di Moto2.

Tapi untuk membangun tim juara, bantuan rider berpengalaman atau bahkan berstatus gelar juara dunia hukumnya wajib. Jika ingin mempercepat pengembangan motor, membajak pebalap juara adalah keniscayaan. Dan Marquez-lah jawabannya. (*)
© 2014 - 2018 Padek.co