Harian Pagi Padang Ekspres | Koran.Padek.co

Tahun Ini, Pusat Promosi Oleh-oleh Dioptimalkan


Wartawan : 0 - Editor : Elsy Maisany - 2018-01-10 16:42:00 WIB    Dibaca : 34 kali

 


Sejak diresmikan pada 7 Juni tahun lalu, Gedung Promosi Pusat Oleh-oleh Kabupaten Solok, seperti belum mempunyai arti dimata masyarakat. Terlihat gedung megah itu seperti masih jauh dari hiruk-pikuk suasana jual-beli. Beberapa produk sudah terpajang di sana, tapi belum sepenuhnya menggambarkan bahwa gedung tersebut adalah pusat oleh-oleh.

Menanggapi kondisi demikian, Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Kabupaten Solok, Nasripul Romika mengatakan gedung ini sudah berdiri sejak 2013 lalu, namun ada beberapa kendala seperti permasalahan tanah dan bangunan menghambat prosesnya. Sekarang ia bertekad memfungsikan Gedung Promosi dan Pusat Oleh-oleh Khsa Kabupaten Solok tersebut.

”Pada tahun ini, kita sudah merancang tata kelola serta regulasinya. Semoga tahun ini dapat kita maksimalkan untuk menunjang perekonomian masyarakat khususnya pelaku UMKM,” katanya.

Disebutkan juga, di sana nantinya akan ditempatkan lagi pegawai yang mempunyai kompetensi di bidang entrepreneur, agar mereka juga bisa menjadi konsultan bagi UMKM. ”Termasuk di sana juga akan mengaktifkan sebagai pusat konsultasi dan pelatihan bagi UMKM,” tambahnya.

Lalu, persyaratan utama bagi pelaku UMKM untuk meletakkan produknya di sana. Pertama adalah mereka yang sudah mempunyai izin PIRT, karena pihaknya juga ingin memberikan produk yang terpercaya kepada konsumen. ”Tentunya kualitas adalah perhatian kita. Sehingga kita juga bisa memberikan jaminan kepada konsumen,” sebutnya.

Dia juga menyebutkan aneka produk yang bisa dijual di sana adalah semua jenis produk khas Kabupaten Solok, atau yang memanfaatkan hasil alam kabupaten Solok, maupun jasa tenaga kerja kabupaten Solok.

“Kami menargetkan tahun ini gedung tersebut sudah bisa dimanfaatkan secara maksimal. Sehingga setiap produk bisa terfokus di satu tempat. Untuk itu kita sedang merancang tata kelola dan regulasinya dulu. InsyaAllah tahun ini kita manfaatkan, itulah target kita,” pungkasnya. (*)
© 2014 - 2018 Padek.co