Close
√ Mengenal Jasa Kontraktor Umum dan Jenis-jenisnya - Padang Ekspres >
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Jasa Kontraktor Umum dan Jenis-jenisnya


Dalam mengerjakan suatu proyek pembangunan memang tidak boleh dilakukan sembarangan. Jadi semuanya harus bisa direncanakan secara matang, agar budget dan waktu yang dikeluarkan tidak sia-sia. Hal ini dilakukan untuk dapat mendukung proyek Anda, oleh karena itu kontraktor umum sangatlah penting dipilih.

Meskipun ada bujet tambahan yang harus dikeluarkan untuk membayar jasa kontraktor. Namun, jasa kontraktor berpengalaman akan memberikan garansi untuk proyek yang sudah disepakati. 

Mengenal Jasa Kontraktor Umum

Kontraktor umum merupakan salah satu jasa perorangan atau berbadan hukum yang disewa atau dikontrak oleh pemilik proyek untuk melakukan pekerjaan sesuai dengan perjanjian kontrak. Tugas dari kontraktor umumnya dibatasi oleh waktu mulai dari biaya, penyelesaian, dan hal lainnya. 

Kontraktor biasanya mengerjakan proyek melalui dua cara, yaitu lelang yang dilakukan oleh pemilik proyek atau  ditunjuk langsung oleh pemilik proyek untuk mengerjakan pembangunan. Jadi pemenang lelang nantinya adalah kontraktor yang mengajukan produk berkualitas dan harga terbaik serta memenuhi kriteria pemilik proyek.

Bahkan, beberapa orang mengatakan bahwa kontraktor adalah pemborong. Padahal kontraktor dan pemborong berbeda. 

Apalagi jika dilihat dari sistem kerja kontraktor berdasarkan kontrak tertulis, sedangkan pemborong berdasarkan perjanjian lisan saja. Selain itu, pemborong tidak berbadan hukum, sedangkan kontraktor kebalikannya.

Jenis-jenis Kontraktor

Bidang usaha dari jasa kontraktor tidak hanya berhubungan dengan gedung tinggi dan pembangunan rumah. Ternyata ada beberapa bidang yang harus sesuai dengan jasa dan kapasitasnya. Berikut jenis-jenisnya.

Kontraktor Bidang Arsitektur

Kontraktor bidang arsitektur sangat sering digunakan oleh masyarakat. Tugas dari kontraktor arsitektur ini akan membuat bangunan dengan teknologi tinggi, teknologi sederhana, teknologi menengah, arsitektur interior, lanskap, serta perawatannya.

Kontraktor Bidang Pekerjaan Sipil

Jasa kontraktor sipil biasanya bertugas dalam pembuatan jalanan, jembatan, pembangunan jalan bawah tanah, terowongan, bendungan, jaringan pengairan, jalur kereta api, landasan pesawat, dan saluran drainase. 

Selain itu, konstruksi pabrik, pembuatan pelabuhan, struktur bangunan gedung, tambang, perawatannya serta pekerjaan penghancuran bangunan.

Kontraktor Bidang Pekerjaan Tata Lingkungan

Kontraktor bidang pekerjaan tata lingkungan bertugas dalam menangani hal-hal yang berkaitan dengan rencana penataan perkotaan, meliputi teknik lingkungan, analisis dampak lingkungan, bangunan pengolahan air bersih, serta pengolahan limbah. 

Selain itu, ada perpipaan limbah, pengembangan wilayah, perpipaan air bersih, dan perawatannya yang harus diperhatikan oleh jasa kontraktor bidang pekerjaan tata lingkungan.

Kontraktor Bidang Elektrikal

Jasa kontraktor elektrikal biasanya bertanggung jawab terhadap kelistrikan seperti jaringan transmisi dan distribusi, sinyal, instalasi pembangkit, penangkal petir, instalasi listrik, telekomunikasi kereta api, telekomunikasi, sarana bantu navigasi udara dan laut, serta bangunan pemancar radio.

Kontraktor Bidang Mekanikal

Jasa kontraktor mekanikal bertugas terhadap instalasi industri, instalasi AC, instalasi minyak atau gas, konstruksi lift dan eskalator, serta perpipaan termasuk perawatannya.

Demikianlah informasi yang bisa Anda dapatkan mengenai jasa kontraktor pabrik. Bagi Anda yang mencari jasa kontraktor yang berpengalaman bisa menghubungi Berkat Bangun Perkasa. 

Posting Komentar untuk "Mengenal Jasa Kontraktor Umum dan Jenis-jenisnya"