Close
√ 5 Keuntungan Reksadana Pasar Uang yang Wajib Kamu Tahu! - Padang Ekspres >
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Keuntungan Reksadana Pasar Uang yang Wajib Kamu Tahu!

https://www.istockphoto.com/id/foto/tanaman-tumbuh-dalam-botol-kaca-koin-dengan-kata-berinvestasi-di-tanah-saat-matahari-gm1286060928-382679898 


Sebelum membahas lebih jauh tentang reksadana pasar uang, kamu perlu memahami dulu mengenai apa itu reksadana. Reksadana pada umumnya merupakan salah satu jenis investasi yang menjadi wadah untuk menampung dana dari para investor. Selanjutnya, modal investasi tersebut akan dikelola oleh manajer investasi. 

Saat ini kamu bahkan sudah bisa melakukan investasi reksadana online. Sehingga, kamu pun tidak perlu mengunjungi kantor manajer investasi lagi untuk mengurus semua dokumen investasi. Semakin pesatnya industri teknologi digital membuat banyak orang semakin mudah untuk berinvestasi.  

Pengertian Reksadana Pasar Uang

Reksadana pasar uang atau RDPU merupakan salah instrument reksadana yang mengalokasikan 100 persen dana kelolaannya pada produk pasar uang. Banyak orang memilih berinvestasi pada pasar uang karena menghasilkan keuntungan reksadana yang stabil sehingga tak perlu was-was saat kondisi pasar modal sedang menurun. 

Dapat dikatakan bahwa produk reksadana pasar uang memiliki resiko yang paling rendah jika dibandingkan dengan instrument reksadana lainnya. Hal ini termasuk keunggulan dan keuntungan reksadana pasar uang. Tak hanya itu saja, reksadana pasar uang juga sangat mudah dicairkan dan tidak memberikan beban biaya atau uang penalty saat mencairkannya sebelum jadwal jatuh tempo. 

5 Keuntungan Reksadana Pasar Uang Bagi Para Investor

Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dalam menggunakan reksadana pasar uang.

1. Tingkat Resiko Paling Rendah

Salah satu tips berinvestasi ialah dengan memilih produk dan instrument investasi yang menghasilkan keuntungan finansial dengan tingkat resiko investasi yang rendah. Jika membahas tingkat resiko paling rendah, maka reksadana pasar uang adalah instrument yang paling tepat untuk dipilih. 

Saat instrument reksadana lain sedang bergejolak kamu akan tetap mendapatkan keuntungan reksadana pada instrument pasar uang. Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak investor pemula disarankan untuk mulai berinvestasi pada instrument pasar uang terlebih dahulu sebelum terjun ke pasar saham. 

2. Likuiditas Tinggi

Keuntungan reksadana pasar uang selanjutnya terletak pada likuiditasnya yang cukup tinggi. Sehingga, saat sedang menghadapi kendala finansial secara tiba-tiba maka kamu bisa mencairkannya kapan saja. Berbeda dengan deposito yang memberlakukan penalty jika mencairkan dana tidak sesuai dengan kebijakan yang telah disepakati sebelumnya.  

3. Nilai keuntungan yang Menjanjikan

High risk high return memang berlaku saat berinvestasi di pasar modal. Tentu banyak investor pemula yang menganggap berinvestasi di pasar uang tidak akan menghasilkan return yang tinggi karena memiliki profil resiko yang rendah. Namun, perlu kamu garis bawahi bahwa keuntungan reksadana tergantung pada situasi pasar yang sedang berlangsung. 

Pasar uang merupakan jenis investasi yang memiliki stabilitas tinggi. Bahkan menurut Shinhan Asset Management Indonesia tingkat return yang dihasilkan reksadana pasar uang mencapai angka 4 hingga 7 persen setiap tahunnya. Tidak heran jika banyak investor tipe agresif masih menaruh sebagian modalnya pada reksadana pasar uang. 

Investasi reksadana online juga sudah tersedia di berbagai platform reksadana saat ini. Jadi, kamu akan semakin mudah dan praktis untuk berinvestasi pada reksadana pasar uang. 

4. Jangka Waktu yang Fleksibel

Memiliki jangka waktu yang fleksibel juga menjadi salah satu keuntungan reksadana pasar uang. Kamu bisa berinvestasi pada instrument reksadana pasar uang untuk jangka waktu pendek maupun jangka panjang. 

Karena reksadana pasar uang tidak memiliki perjanjian jangka waktu penarikan uang jadi kamu bisa menarik dana investasi tersebut kapan saja. Namun, kamu juga perlu tahu bahwa semakin cepat dana tersebut kamu tarik maka semakin kecil keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Hal tersebut tentu berbeda jika kamu berinvestasi untuk jangka panjang.

5. Bebas Pajak

https://www.istockphoto.com/id/foto/konsep-waktu-pajak-kertas-cetak-kata-pajak-pada-kubus-blok-kayu-pada-tumpukan-koin-gm1295292526-389062501  

Adapun keuntungan reksadana pasar uang yang terakhir ialah tidak adanya beban pembayaran pajak atas modal investasi yang telah kamu setorkan. Hal ini tentu berbeda jika kamu berinvestasi pada pada produk deposito.  

Manfaatkan Aplikasi digibank by DBS Untuk Mulai Berinvestasi Di Pasar Uang

Agar lebih mudah dan praktis dalam berinvestasi reksadana maka cobalah menggunakan Aplikasi digibank by DBS. Apa saja keuntungan yang bisa kamu dapatkan? Yuk, simak informasinya pada poin-poin berikut ini. 

  • Tersedia 3 Kategori Reksa Dana

Berinvestasi di reksadana pasar uang menjadi lebih mudah lewat Aplikasi digibank by DBS di mana kamu bisa memilih 3 kategori reksadana. 3 kategori reksadana tersebut berupa reksadana dengan kinerja terbaik, terpopuler hingga scoring terbaik. 

  • Bebas Memilih Produk Reksa Dana

Aplikasi digibank by DBS menyediakan puluhan produk reksadana terbaik dan terpopuler. Kamu bahkan disediakan lebih dari 50 produk reksadana. Cara investasi reksadana online lewat Aplikasi digibank by DBS juga membuat segalanya menjadi praktis di era yang serba digital ini. 

  • Pembelian Berkala yang Fleksible

Kamu juga bisa melakukan pembelian produk reksadana secara berkala dan fleksible yang akan memudahkan kamu dalam melakukan setiap transaksi reksadana. 

  • Daftar SID, Jual, Beli dan Switch Secara Praktis

Hanya dengan menggunakan Aplikasi digibank by DBS, kamu sudah bisa melakukan pendaftaran SID atau Single Investor Identification, jual beli reksadana hingga melakukan switch produk reksa dana. Semuanya menjadi lebih simple lewat satu aplikasi saja. 

  • Modal mulai 100 Ribu Rupiah

Tak perlu modal puluhan hingga ratusan juta untuk mulai berinvestasi reksadana. Cukup modal Rp100 ribu saja, kamu sudah bisa berinvestasi lewat Aplikasi digibank by DBS. Daripada uang kamu habis buat jajan dan nongki setiap hari, tentu akan lebih baik jika menggunakannya sebagai modal awal berinvestasi.

Nah, itulah beberapa keuntungan reksadana pasar uang yang perlu kamu tahu. Semoga artikel ini membuat kamu menjadi lebih melek dunia investasi dan finansial. Jangan lupa menggunakan Aplikasi digibank by DBS untuk menikmati beragam fitur-fitur investasi menarik di dalamnya.  

Posting Komentar untuk "5 Keuntungan Reksadana Pasar Uang yang Wajib Kamu Tahu!"