Close
√ Terjun dalam Dunia Kripto, Harus Mengenal Rug Pull dan Cara Menghindarinya - Padang Ekspres >
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terjun dalam Dunia Kripto, Harus Mengenal Rug Pull dan Cara Menghindarinya


Aset kripto menjadi salah satu investasi yang cukup banyak diminati saat ini. Tidak heran volatilitasnya kian hari semakin meningkat. Namun, celah scam pun tidak bisa dihindari, satu di antaranya dalam bentuk rug pull.  Jenis skema tersebut patut untuk Anda pahami, dan tahu cara untuk bisa menghindarinya. Lebih rincinya, simak ulasan berikut!

Definisi Rug Pull

Mari kenali terlebih dahulu definisi rug pull. Seperti yang diulasa di laman Pintu.co.id, istilah rug pull ditunjukkan untuk sebuah skema penipuan dalam dunia kripto. Hal ini umum terjadi pada beberapa developer yang sedang mengumpulkan investasi untuk sebuah proyek.

Rug pull dikenak pula dengan istilah exit scam yang umumnya akan menodong token berbentuk DEX (Decentralized Exchange). Dalam hal ini, sang penipu akan berperan layaknya developer suatu proyek. Berbagai cara dilakukan guna menyebar proyek, hingga setnya perlahan meningkat.

Selanjutnya, ketika harga naik, setiap asset akan dijual. Alhasil, yang mendapatkan kerugian adalah pihak investor. Jenis scam yang satu ini berlangsung dalam waktu cepat dan singkat. Umumnya banyak menelan korban investor kecil yang kurang pemahaman mendalam. 

Bagaimana Cara Menghindarinya?

Ingin bisa berinvestasi dalam dunia kripto secara aman, Anda harus tahu cara menghindari scam dalam bentuk rug pull. Terdapat beberapa cara yang bisa diterapkan, sehingga Anda tetap aman berinvestasi. Langkah-langkahnya yaitu:

1. Meneliti Developer Setiap proyek

Pertama, Anda jangan cepat tergiur dengan berbagai proyek yang disuguhkan. Teliti terlebih dahulu secara mendalam, mulai dari proyek hingga developer terkait. Apakah developer-nya individu atau organisasi. Anda harus mengetahuinya secara mendalam. 

Alangkah baiknya untuk menelitinya hingga seluk-beluk organisasi dan struktur terkini. Selain itu, lihatlah portofolio dari proyek sebelumnya, untuk bisa menjadi pertimbangan yang lebih aman. 

2. Mengawasi Setia Informasi

Selain itu, lakukan pengawasan terhadap data dan informasi terkait proyek terkait. Melalui asset kripto, Anda bisa menyaksikan bagaimmana aktivitas on chain yang dilakukan. Jaringan yang terhubung dari segi blockchain terkait. Beberapa proyek yang sifatnya rug pull, akan tertera dalam daftar DEX. 

3. Baca Berita dan Hindari FOMO

Cara lainnya untuk menghindari scam, Anda harus senantiasa update dengan membaca berita setiap saat. Kunjungi berbagai forum popular yang bisa menyajian berita terbaru, seperti halnya reddit dan semacamnya. Namun, selain itu, Anda juga harus memeriksa asal berita yang ditayangkan, apakah siturnya terpercaya atau tidak. 

Demikianlah ulasan terkait rug pull serta cara yang bisa Anda coba untuk menghindarinya. Jika memang proyek yang disuguhkan meragukan, ada baiknya Anda untuk tidak menginvestasikan dana sesuka hati. Lakukan dengan penuh pertimbangan dan ketelitian. 

Posting Komentar untuk "Terjun dalam Dunia Kripto, Harus Mengenal Rug Pull dan Cara Menghindarinya"