Close
√ Fakta Menarik dan Pengertian Mesin EDC - Padang Ekspres >
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fakta Menarik dan Pengertian Mesin EDC


Pengertian mesin EDC seringkali menjadi tanda tanya besar di kalangan masyarakat. Hal tersebut terjadi karena banyaknya peran penting mesin EDC bagi kehidupan sehari-hari terutama di bidang bisnis dan usaha.

Oleh karena itu, memahami peran, fungsi dan pengertian mesin EDC merupakan salah satu hal yang cukup penting. Untuk bisa menggunakannya dengan tepat dan memanfaatkan fungsinya semaksimal mungkin.

Seiring berkembangnya teknologi, beberapa kemudahan untuk kehidupan masyarakat sehari-hari. Yuk, simak ulasan berikut ini secara lengkap mengenai pengertian mesin EDC, cara kerja dan fungsinya.

Pengertian Mesin EDC

Tahukah Anda, jika mesin EDC adalah salah teknologi dalam bentuk mesin untuk melakukan pembayaran menggunakan debit ataupun kartu kredit. Hal tersebut membuat Anda bisa dengan mudah melakukan transaksi jual beli menggunakan satu kali gesek.

Membawa uang cash cukup banyak seringkali masyarakat pandang sebagai tindakan yang beresiko tinggi dan ribet. Sehingga, sebagian besar orang-orang di kota besar sudah mulai mengandalkan sistem pembayaran menggunakan mesin EDC.

Mesin EDC adalah salah satu mesin yang memiliki ukuran cukup kecil yang dilengkapi beberapa tombol angka. Selain itu, pada mesin EDC juga memiliki tempat untuk menggesek kartu debit ataupun kredit. Sehingga, proses pembayaran bisa berlangsung dengan cepat dan singkat.

Cara Kerja Mesin EDC

Mesin EDC bisa Anda gunakan untuk melakukan transaksi menggunakan kartu kredit, debit ataupun e-money. Cara kerja mesin EDC untuk kartu kredit dan debit adalah dengan cara menggesek. Sedangkan untuk kartu e-money, cara kerja mesin EDC adalah dengan cara menempelkannya saja.

Akan tetapi semakin berkembangnya teknologi, beberapa kartu pembayaran dilengkapi dengan chip. Sehingga, cara kerja mesin EDC pada kartu yang sudah dilengkapi chip yaitu memasukkan kartu pada slot bawah mesin.

Setelah menggesek, menempel ataupun memasukkan kartu pada bagian mesin EDC, langkah selanjutnya adalah memasukkan nominal transaksi. Setelah itu, Anda bisa meminta pemilik kartu memasukkan kombinasi nomor pin. Jika proses transaksi berhasil, struk transaksi akan keluar dari mesin EDC.

Fungsi Mesin EDC

Mesin EDC adalah salah satu mesin yang memiliki fungsi yang cukup penting di bidang usaha. Karena fungsinya yang cukup banyak dan beragam. Seperti halnya untuk mempermudah dan mempercepat proses transaksi, mencerminkan kemajuan usaha, dan terhindar dari kecurangan karyawan terutama bagian kasir.

Selain itu, mesin EDC juga berfungsi untuk mempermudah para penjual melakukan pembukaan harga dan tidak perlu menyiapkan banyak uang cash. Sehingga, proses transaksi jual beli lebih mudah dan berjalan dengan cepat.

Bagaimana, menarik bukan penggunaan mesin EDC untuk mempermudah proses transaksi usaha Anda? Demikian ulasan singkat mengenai fakta menarik dan pengertian mesin EDC, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Fakta Menarik dan Pengertian Mesin EDC"