>
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trik dan Tips Memilih Nama Domain yang Bagus untuk Blog


Blogger menjadi salah satu profesi mentereng yang bisa menghasilkan uang lumayan jika dikelola dengan baik. Langkah awal agar sukses menjadi blogger dan meraih pendapatan lumayan adalah dengan memilih nama blog yang bagus. Nama blog yang dimaksud sebenarnya adalah domain yang merupakan alamat yang memudahkan pengguna internet untuk menemukan blog Anda.

Pada jaringan komputer dan internet terdapat banyak sekali server dan domain yang akan dimunculkan ketika kita mencari alamat website tertentu melalui mesin pencarian. Menggunakan nama domain yang unik bisa menjadi cara supaya pengguna internet lebih mudah mengingatnya dibandingkan dengan blog-blog lainnya.

Tips Memilih Domain yang Bagus

Penasaran bagaimana caranya agar kita bisa memperoleh nama domain yang bagus sehingga blog mendapatkan pengunjung yang banyak? Simak trik dan tipsnya berikut ini.

1. Tidak Terlalu Panjang dan Mudah Diingat

Meskipun sekilas terlihat keren namun nama domain yang terlalu panjang sangat tidak disarankan. Mengapa? Selain rawan dengan kesalahan dalam penulisan dalam mesin pencarian nama domain yang terlalu panjang juga cenderung susah diingat oleh pengguna internet. Contohnya www.bajuanakmurah.com lebih bagus daripada www.tokobajukhususanakmurahmeriah.com.

2. Mudah Diketik

Disamping tidak menggunakan nama yang terlalu panjang sebaiknya domain juga mudah untuk diketikkan. Ingat, bahwa nama domain ibarat alamat rumah bagi website maupun blog sehingga kalau ada kesalahan penulisan satu karakter saja bisa menjadi “tersesat”.

Nama domain www.belibajumurah.com jauh lebih bagus daripada www.belibajubrandedbermerekmurah.com. Nama domain yang pertama mudah diketikkan pengguna internet karena memakai kalimat yang sederhana dan tidak terlalu panjang. Sementara itu nama domain kedua lebih sulit diketikkan dan rawan kesalahan penulisan karena pemakaian istilah bahasa Indonesia yang dicampur dengan bahasa asing.

3. Selipkan Kata Kunci

Untuk bisa tampil di halaman pertama mesin pencarian website ataupun blog harus memiliki SEO tinggi salah satunya melalui pemilihan kata kunci yang tepat. Oleh sebab itu tidak ada salahnya menyisipkan kata kunci yang sesuai pada nama domain agar lebih mudah ditemukan pengguna internet.

Jika website atau blog yang dibuat untuk kepentingan usaha sebaiknya selipkan kata kunci yang berhubungan dengan bisnis tersebut pada nama domain. Misalnya blog untuk usaha warung kopi kekinian maka nama domain yang bisa digunakan www.kopimasakini.com.

4. Pakai Nama Bisnis

Jangan lupa untuk memasukkan juga nama atau brand dari bisnis Anda ke dalam domain. Tujuannya adalah agar masyarakat juga mudah mengingat merek atau nama dari bisnis Anda sehingga menjadi pembeda dengan kompetitor. Contohnya kalau nama bisnis Anda adalah Kafe Asoy nama domain yang digunakan misalnya www.ngopiasikasoy.

5. Hindari Penggunaan Tanda Sambung dan Angka

Meskipun Anda mungkin beberapa kali pernah menemukannya namun sangat tidak disarankan membuat nama domain yang memakai tanda sambung ataupun angka. Penggunaan tanda sambung akan membuat nama domain Anda menjadi lebih ribet dan tentu saja lebih sulit diingat apalagi diketikkan pada URL bar.

Begitu juga dengan angka-angka diantara kata-kata justru membuat orang makin sulit untuk mengingatnya sehingga justru hanya akan mengurangi pengunjung blog maupun website. Contohnya nama domain www.kopi-kafeasikasoy123.com terlihat lebih ribet daripada www.kafeasoyasik.com. Nama domain yang ribet membuat orang rawan kesalahan dalam penulisannya ketika melakukan pencarian pada URL bar.

Pemilihan nama domain murah yang tepat dan efektif secara tidak langsung membantu website maupun blog mendapatkan lebih banyak pengunjung. Jika pengunjung makin banyak maka rating web atau blog juga makin tinggi dan lebih berpotensi ditampilkan pada halaman pertama hasil pencarian. Jadi, pastikan Anda memilih nama domain dengan baik dan benar ya!

Posting Komentar untuk "Trik dan Tips Memilih Nama Domain yang Bagus untuk Blog"