>
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Ampuh Memilih Bibit Kelapa Kopyor Berkualitas

Tips Ampuh Memilih Bibit Kelapa Kopyor Berkualitas

Bibit kelapa kopyor mudah ditemukan, tetapi harus jeli memilih jika dibudidayakan. Tujuannya agar kelapa kopyor tubuh subur, selain itu memilih bibit untuk budidaya minim biaya sehingga bisa dilakukan siapa saja.

Pastikan Anda memilih bibit yang unggul, jangan sampai salah karena memicu kerugian materil dan tenaga kerja. Sejatinya, manfaat kelapa kopyor beragam dan bisa disukai orang dewasa maupun anak-anak.

Tips Memilih Bibit Kelapa Kopyor Berkualitas

Mayoritas tergiur dengan harga murah dan membeli jumlah banyak, padahal harga yang tidak tepat memicu banyak masalah. Bisa saja kualitas bibit kelapa kopyor buruk, berikut ada tips memilih bibit kelapa kopyor berkualitas:

1. Membeli di Tempat Terpercaya

Mengingat budidaya kelapa kopyor diminati masyarakat luas, penjual bibit semakin banyak. Bahkan tersebar di seluruh penjuru, sayangnya tak semua penjual jujur perihal bibit berkualitas atau buruk.

Usakan membeli bibit di tempat terpercaya dan mendapat testimoni positif dari masyarakat. Hal tersebut menjamin bibit berkualitas dan siap menghasilkan income besar.

2. Menyeleksi Benih dari Pohon

Tips ke 2 memilih bibit berkualitas adalah menyeleksi benih dari pohonnya. Perlu diingat, buah kelapa yang cocok untuk pembibitan harus matang fisiologinya. Untuk tipe kelapa dalam berumur 11 sampai 12 bulan.

Tetapi untuk buah kelapa Genjah berumur 11 bulan. Agar bisa menyeleksi benih, Anda bisa membeli yang dekat dari rumah. Banyak yang jual bibit kelapa kopyor sehingga tidak sulit mencarinya.

3. Pendadaran Benih Kelapa Kopyor

Anda bisa melakukan pendadaran benih kelapa kopyor, caranya benih kelapa dideder di tempat penyemaian bagian atas yang disayat. Caranya adalah disayat 1 arah ke arah sebelah timur. Lalu, benih dideder berjarak rapi sekitar 5 cm, pastikan antar barisnya 15 cm.

4. Memilih Benih Kelapa Kopyor

Jangan salah loh, benih bibit kelapa kopyor bisa dijadikan benih dan siap tanam. Tetapi taruhlah di tempat teduh selama 2 minggu. Dengan begitu bibit berkualitas dan pohon kelapa kopyor tubuh subur.

Memilih bibit kelapa kopyor harus sabar dan teliti. Jika Anda awam perihal pemilihan bibit, bisa berkonsultasi dengan keluarga yang ahli pemilihan bibit. Selain itu carilah yang jual bibit kelapa kopyor resmi sehingga dapat dipertanggung jawabkan.

Posting Komentar untuk "Tips Ampuh Memilih Bibit Kelapa Kopyor Berkualitas"