>
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Kuesioner Online


Bagi anda yang berprofesi sebagai peneliti atau sedang melakukan penelitian tugas akhir seperti skripsi tesis, ataupun penelitian survey lain, tentunya sudah tidak asing lagi dengan kuesioner.  Yups, membuat kuesioner adalah salah satu komponen penelitian yang wajib dilakukan oleh seseorang yang sedang melakukan penelitian terutama penelitian kuantitatif. Nah, di jaman yang sudah serba modern ini kuesioner sudah bisa dibuat secara online gan. Jadi kita tidak usah repot-repot untuk menyebarkan kuesioner dor to dor atau face to face. Kita cukup share link kuesioner online lalu minta pada responden untuk mengisinya. Jadi kalian tidak usah repot-repot untuk print dan fotokopi kuesioner, lebih hemat dan praktis bukan.  

Bagaimana cara membuatnya?, Membuat kuesioner online dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi gan. Tanpa dukungan aplikasi rasanya mustahil kuesioner online dapat terwujud, hehe.  Karna kita tahu bahwa membuat kuesioner itu tidak mudah. Beruntunglah kalian yang hidup pada jaman milineal, semua serba cepat, muda dan praktis. Tinggal kitanya saja yang mau atau tidak. Oke, langsung saja, sekarang ini ada beberapa layanan yang menawarkan pembuatan kuesioner online. Salah satu diantaranya yang paling populer dan banyak digunakan adalah Google Forms. Simak caranya dibawah ini :

Membuat Kuesioner Online Menggunakan Google Forms

Sebelum kalian mengeksekusi kuesioner di Google Forms, alangkah baiknya kalian persiapkan terlebih dahulu daftar pertanyaan, pilihan jawaban, serta judul dari penelitian. Kenapa begitu?, hal demikian untuk mempermudah kerja kalian saat menggunakan Google Forms. Jadi gak perlu mikir lama-lama lagi untuk menuliskan pertanyaan apa saja yang mau ditulis, karena sudah dipersiapkan sebelumnya. 

  • Buka  aplikasi Google Forms pada laptop kalian 
  • Pada aplikasi Google Forms akan terdapat menu-menu yang nantinya akan kalian gunakan untuk mengelola atau membuat kuesioner.
  • Masukkan daftar pertanyaan satu per satu. Untuk membuat pertanyaan yang baru, klik Add Item. Kemudian pilih salah satu dari beberapa opsi yang diberikan aplikasi. Jika jenis pertanyaan yang kalian inginkan adalah berupa teks, maka pilih Text.
  • Jika ada pilihan. Misalkan pertanyaan Jenis kelamin, maka berarti jawabannya sudah kalian susun agar responden gampang untuk mengisinya. 
  • Cara membuatnya adalah dengan menulis pada Question Title: Jenis Kelamin, kemudian pada Help Text: dapat diisi petunjuk pengisian atau boleh diosongkan. Lalu Question Type: Choose form a list, isi kotak jawaban dengan Pria dan Wanita.
  • Lakukan langkah-langkah tersebut hingga kuesioner kalian menjadi lengkap. 
  • Selanjutnya kalian dapat mengubah setelan tema kuesioner supaya lebih menarin dan tidak monoton. Caranya adalah dengan klik menu Change Theme. Perhatikan di sebelah kanan kalian, terdapat beberapa jenis tema yang dapat kalian gunakan. Selanjutnya kalian juga dapat melakukan perubahan gambar atau jenis huruf, dengan cara klik Customize. Menu Customize berfungsi untuk merubah pengaturan bawaan tema, misal saja gambar header, jenis dan ukuran huruf, serta juga dapat mengatur penyesuaian deskripsi.
  • Bila pengaturan tema dan pertanyaan kuesioner sudah pas, kalian dapat melihat hasil kuesioner secara keseluruhan. Caranya dengan klik menu View live form.
  • Apabila dirasa semunya sudah pas, selesai sudah pembuatan kuesioner online kalian, lalu tinggal save deh. Gampang kan (
  • Selanjutnya kalian tinggal sebarkan saja kuesioner onlinenya. Sebarkan pada tempat-tempat yang potensial ya, agar kalian gampang mendapatkan responden. Misalnya saja di FB, Blog, grup chat line, wa, dan sebagainya. Kalian dapat klik menu File, lalu disana akan terdapat beberapa pilihan untuk membagikan formulir misalnya Download as, Send form, dan Embed.
  • Terakhir melihat hasil kuesioner. Kalian masuk ke Google Forms dan login menggunakan akun Google yang sama tentunya, kemudian temukan form kuesioner bersangkutan dan klik View responses.

Selamat mencoba dan semoga sukses dan semoga ulasan arthy.id bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Kuesioner Online"