close

Syarat Melakukan Donor Darah yang Perlu Diketahui

Di setiap acara bakti sosial atau pengumpulan dana, selain donasi uang biasanya suka dibarengi dengan kegiatan donor darah. Kegiatan pengumpulan darah atau donor darah sangat penting untuk bisa disalurkan melalui Palang Merah Indonesia ke rumah sakit yang membutuhkan.

Acara seperti ini bisa dilaksanakan oleh siapa saja. Hampir setiap minggu selalu ada kegiatan seperti ini. Selain bermanfaat untuk orang lain, donor darah juga bisa memberi manfaat kepada si pendonor. Jika rajin melakukan donor darah, maka sirkulasi darah dalam tubuh menjadi lebih baik, darah menjadi lebih lancar mengalir ke jantung. Selain itu produksi sel darah merah juga bisa meningkat.

Namun sebagai pendonor, ada beberapa syarat yang harus diperhatikan. Berikut beberapa hal yang harus dipatuhi sebelum melakukan donor darah:

  1. Tubuh harus dalam keadaan sehat
  2. Berat badan tidak kurang dari 45kg
  3. Usia minimum 17 tahun
  4. Tidak menderita diabetes.
  5. Tidak menderita kanker.
  6. Tidak mengidap penyakit jantung dan paru-paru.
  7. Tidak memiliki tekanan darah tinggi.
  8. Tidak menderita epilepsi atau sering kejang-kejang.
  9. Tidak mengidap sifilis.
  10. Tidak menderita atau pernah menderita hepatitis B dan/atau C.
  11. Tidak memiliki perdarahan abnormal atau kelainan darah seperti hemofilia.
  12. Tidak mengidap atau berisiko tinggi terhadap HIV/AIDS misalnya pekerja seks
  13. komersial dan pecandu narkoba.
  14. Tidak kecanduan minuman keras.

Hal-hal tersebut diatas jangan diabaikan jika Anda ingin melakukan donor darah. Jika Anda memenuhi semua persyaratan, alangkah baiknya jika Anda rajin melakukannya. Biasanya Anda akan mendapatkan kartu pendonor untuk mencatat sudah berapa kali Anda melakukan donor darah. 

Artikel menarik lain: Ciri Ciri Ikan Tongkol

Kegiatan ini adalah bentuk lain kegiatan sosial yang bisa Anda lakukan selain melakukan sumbangan atau donasi melalui situs donasi untuk disalurkan ke yang membutuhkan melalui lembaga terpercaya seperti UNICEF.

Tinggalkan komentar