>
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Ciri Ciri Ikan Tawes

Ciri Ciri Ikan Tawes

Ikan tawes merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang cukup populer di Asia Tenggara khususnya Indonesia. Ikan konsumsi ini mudah ditemukan di waduk-waduk, aliran sungai, atau anak-anak sungai. Harga yang cukup terjangkau dan kemudahan dalam membudidayakan, membuat ikan ini sangat digemari masyarakat. Sudah tahukah kamu ciri-ciri ikan tawes secara keseluruhan?

Ulasan Ciri-Ciri Ikan Tawes Secara Mendetail

1. Bentuk dan Ukuran

Ciri ciri ikan tawes yang kesatu yakni memiliki ukuran tubuh yang sedang. Badannya berbentuk memanjang dan agak pipih dengan bagian punggung sedikit meninggi. Bentukan bagian depan relatif runcing. Sekilas bentuknya mirip dengan ikan mas dan nila.

Rata-rata ikan jenis ini bisa tumbuh dengan panjang mencapai 33 cm. Namun, dapat juga mencapai ukuran maksimal sampai dengan 45 cm seperti yang pernah ditemukan di sebuah waduk Thailand. Umumnya ukuran tinggi dan panjangnya memiliki perbandingan sekitar 2:4.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Toman

2. Mulut

Ciri-ciri ikan tawes yang kedua adalah memiliki mulut kecil yang terletak di ujung hidung. Bentuknya berupa moncong yang meruncing. Bibirnya kasar dan berkeruk yang berfungsi untuk memakan jasad yang menempel pada objek lain. Jika kita melihat lebih detail kedalam mulutnya, kita dapat menjumpai lidah yang berbentuk segitiga memanjang dengan bagian depan sedikit tumpul. Lidah tersebut berwarna putih kemerah mudaan.

3. Sisik

Secara garis besar, sisik saudara ikan nilem ini memiliki warna putih keperak-perakan. Sisiknya yang masih menempel di badan terlihat berbentuk seperti ujung setengah lingkaran. Semuanya bersusun rapi tumpuk-menumpuk saling menutupi satu sisik ke sisik lainnya.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Nila

4. Sirip

Hewan air ini memiliki sirip punggung, dada, perut, ekor, dan dubur. Sirip punggung berbentuk duri-duri besar dengan gerigi kuat di bagian ujung. Warnanya abu-abu dan terkadang memiliki ujung kekuning-kuningan. Letaknya sejajar dengan sisik pada gurat ke-10. Jaraknya dengan ubun-ubun biasanya berkisar 11 sisik.

Sirip dada berbentuk duri panjang lentur yang menari-nari saat berenang. Umumnya memiliki warna kekuning-kuningan. Sirip perut dan duburnya berwarna orange kemerah-merahan. Sirip duburnya memiliki 6,5 jari-jari bercabang dan 3,5 sisik yang terletak diantara gurat sisi dan awal sirip perut. Sirip ekornya bercagak-cagak dengan warna abu kekuningan.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Mujair

5. Warna

Ciri-ciri ikan tawes yang berikutnya dapat dilihat dari warnanya. Secara keseluruhan, warnanya adalah keperakan dan terlihat mengkilap. Pada bagian punggung cenderung memiliki kontras yang lebih gelap. Terkadang kita juga menemukan warna putih kelabu atau bahkan albino, namun hal tersebut sangat jarang dijumpai.

6. Sungut

Famili Cyprinidae ini juga memiliki sungut. Ukurannya sangat mini atau bahkan kerdil. Jika hanya dilihat sekilas, kita tidak akan menemukannya. Letaknya berada di ujung antara mulut dan hidung.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Tombro

7. Mata

Pemakan tumbuhan ini memiliki mata yang terlihat jelas. Ukurannya pun cukup besar untuk ukuran ikan. Matanya menonjol dan terlihat seperti berkelopak. Lapisan terdalam atau bola matanya berwarna hitam. Lalu, lapisan keduanya mempunyai warna putih. Yang terakhir, lapisan ketiganya hijau tua kehitam hitaman yang memiliki garis lebih tebal dibandingkan dengan bagian berwarna putih.

8. Garis Rusuk

Hewan bernama latin Barbonymus gonionotus ini mempunyai garis rusuk yang sempurna berjumlah 29 sampai dengan 31 buah. Terdapat sisik yang berjumlah antara 3,5 sampai 5,5 buah yang terletak di bawah garis rusuk yang berada di sepanjang tubuhnya. 

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Wader

9. Ekor

Ciri-ciri ikan tawes yang terakhir dapat dilihat pada ekornya. Ekornya berbatang di bagian belakang tubuh. Batang tersebut dikelilingi oleh sisik yang berjumlah 16 buah. Di bagian ujungnya ditumbuhi oleh sirip ekor.


Ciri Ciri Ikan Tawes - Padang ekspres

Posting Komentar untuk "9 Ciri Ciri Ikan Tawes"