>
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Ciri Ciri Ikan Toman Jantan dan Betina

Ciri Ciri Ikan Toman

Pernahkah Anda mendengar nama ikan toman? Ikan yang satu ini masih termasuk dalam kategori ikan predator dari ikan gabus atau dalam bahasa Latin adalah Channidae. Meski memiliki bentuk tubuh yang sama persis dengan ikan gabus, ikan ini tentu masih memiliki beberapa karakteristik morfologi yang membedakannya dari jenis ikan lain. Ingin tahu lebih dalam mengenai ikan air tawar ini? Berikut ulasan mengenai ciri ciri ikan toman secara umum.

Morfologi dan Ciri Ciri Ikan Toman, Si Predator Air Tawar

1. Memiliki Bentuk Kepala Seperti Ular

Karakteristik morfologi dari ikan toman yang paling menonjol adalah bagian kepalanya. Ikan yang juga dikenal dengan sebutan redline snakehead atau red snakehead ini memiliki bentuk kepala yang cenderung meruncing dan besar menyerupai kepala ular sanca.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Nila

2. Mempunyai Tubuh Seperti Torpedo

Ciri ciri ikan toman yang kedua adalah memiliki tubuh yang nyaris menyerupai bentuk torpedo. Ikan ini memiliki tubuh yang panjang dan bulat dengan ekor yang cenderung membulat. Tubuh ikan yang sudah dewasa biasanya berwarna hitam kebiru-biruan dengan bagian perut berwarna putih.

Sementara ikan yang belum dewasa memiliki tubuh berwarna kemerah-merahan dengan garis berwarna jingga dan hitam di kedua sisi tubuhnya. Ikan yang sudah tumbuh dewasa bisa memiliki panjang hingga mencapai 1,5 meter. Bahkan beberapa ikan yang diperdagangkan untuk dipelihara di dalam akuarium bahkan bisa memiliki berat hingga 44 kg. 

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Mujair

3. Mempunyai Mulut Lebar

Ciri ciri ikan toman yang selanjutnya terletak pada bagian mulut yang cenderung kecil namun lebar. Ikan ini nyaris bisa dibilang tidak memiliki bibir bagian atas maupun rahang. Selain itu, lipatan bibir pada bagian sudut rahangnya juga sangat kecil.

Letak mulut ikan perairan air tawar ini berada di ujung depan dekat kepala dan agak ke bawah. Ikan ini juga memiliki moncong yang pada umumnya bisa ditonjolkan ke depan.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, ikan merupakan satu dari sekian banyak ikan yang hidup di perairan air tawar dan juga termasuk dalam kategori ikan predator. Hal ini bisa dibuktikan dari deretan giginya yang berukuran kecil namun tajam.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Tombro

4. Memiliki Lima Buah Sirip

Salah satu ciri ciri ikan toman yang paling kontras dan bisa digunakan untuk membedakannya dari jenis ikan lain, seperti ikan gabus adalah siripnya. Ikan ini memiliki lima sirip yang terletak di bagian punggung atau yang juga disebut dengan pinnae dorsalis, sirip perut atau dalam bahasa Latin adalah pinnae ventralis, sirip ekor, dan juga sirip dubur.

Perlu diketahui bahwa sirip yang terletak di bagian punggung ikan predator ini memiliki ukuran yang bisa dibilang cukup panjang dan nyaris sampai ke bagian pangkal ekor. Sementara sirip yang terletak di bagian dubur panjangnya juga mencapai pangkal ekor.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Wader

5. Mempunyai Garis Lateral Berwarna Hitam dan Oranye

Ikan yang sudah dewasa biasanya memiliki garis-garis lateral yang hadir dalam dua warna, yakni hitam dan oranye. Biasanya garis-garis ini muncul setelah ikan berusia sekitar dua bulan. Sebagian dari jenis ikan ini juga mengelami perubahan garis lateral, yakni berubah menjadi kemerahan. Bahkan ada beberapa ikan yang garis lateralnya berubah pola-pola berwarna kebiruan dengan warna hitam dan putih pada bagian atas tubuhnya.

6. Bersifat Agresif

Ciri ciri ikan toman yang satu ini perlu diwaspadai apabila Anda berniat untuk memeliharanya. Pasalnya, ikan ini dianggap salah satu predator paling ganas di perairan air tawar. Jika ikan ini dilepaskan di bukan habitat aslinya, maka akan berpotensi mengganggu keseimbangan ekosistem di sekitarnya.


Ciri Ciri Ikan Toman - Padang ekspres

Posting Komentar untuk "6 Ciri Ciri Ikan Toman Jantan dan Betina"