>
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Ciri Ciri ikan Piranha


Ikan air tawar yang berasal dari Amerika serikat yaitu ikan piranha, merupakan salah satu ikan yang cukup ditakuti oleh manusia sekalipun. Apalagi jenis dari ikan piranha cukup banyak karena mencapai 60 spesies. Mendengar namanya saja membuat Anda langsung merinding bukan? Untuk itu, di bawah ini adalah beberapa ciri ciri ikan piranha yang perlu Anda diketahui.

Sekilas Mengenai Ciri-ciri Ikan Piranha

1. Hidup Dengan Berkelompok

Ciri ciri ikan piranha memang akan hidup secara berkelompok, bahkan mereka akan mencari makan secara bergerombol. Ciri yang seperti ini memang hampir mirip dengan ikan yang ada di laut.

Akan tetapi, ikan yang satu ini berubah menjadi sadis ketika terdapat bau darah. Dimana terdapat area yang berbau darah, maka Anda akan dengan cepat untuk berenang secara bergerombol menuju ke daerah tersebut.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Layang Layang

2. Bentuk Badannya

Bentuk badan yang dimiliki oleh ikan piranha juga dapat dilihat secara mendetail. Untuk bentuk tubuhnya adalah oval dan juga gepeng ke pinggir. Seluruh permukaan dari tubuhnya akan tertutupi oleh sisik yang memiliki ukuran kecil. Biasanya akan mencapai 24 cm hingga 40 cm jika sudah dewasa.

3. Gigi Ikan Piranha

Struktur dari gigi merupakan salah satu ciri ciri ikan piranha yang perlu untuk diketahui. Bentuk dari giginya akan runcing dan tajam pada bagian bawah dan juga atas, serta bentuknya sangat mirip dengan segitiga. Untuk jumlah giginya bisa mencapai 12 sampai 14 buah gigi untuk daratan bawah dan juga atas.

Dikarenakan susunan dari gigi ikan tersebut menjadikan rahang ikan piranha berbentuk zig zag. Dan bentuknya hampir mirip dengan sebuah gunting yang sangat tajam ketika menggigit ataupun merobek mangsa.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Bandeng

4. Mempunyai Rahang yang Kuat

Seperti yang telah diketahui jika ikan ini merupakan predator air yang cukup ganas, karena ikan tersebut merupakan karnivora yang akan memakan ikan lainnya. Cara memangsa ikan ini dengan cara di cabik, sehingga rahang yang dimiliki oleh ikan piranha cukup kuat.

Dan ini merupakan ciri ciri ikan piranha yang paling umum. Apalagi dengan susunan giginya yang tajam, dengan kontur dari rahang tersebut membuatnya bisa memangsa ikan yang jauh lebih besar.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Tenggiri

5. Habitatnya

Perlu Anda ketahui, jika ikan piranha merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang bisa hidup dengan keadaan sungai berlumpur. Ikan seperti ini akan hidup di Amerika, Brazil dan juga daerah guyana.

Siapa yang tahu jika air tawar yang ada di rawa juga menjadi salah satu habitatnya. Dan bisa dikatakan jika penyebaran dari ikan ini cukup luas di Amerika.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Makarel

6. Warna Khas yang Dimiliki

Perlu untuk anda ketahui jika jenis ikan piranha cukup banyak. Sehingga ciri ciri ikan piranha pada warna tubuh cukup bervariasi. Dimulai dari ikan piranha phygopritis denticulata, jenis ikan ini memiliki warna pada tubuh yang cukup unik karena pada bagian punggung atas memiliki warna kebiruan dan juga kekuningan pada bagian perutnya. Sedangkan untuk seluruh tubuhnya memiliki bintik hitam.

Kemudian ada piranha dengan jenis pygocentrus nattereri, sedangkan untuk piranha jenis ini memiliki warna tubuh perak kemerahan. Namun untuk bagian punggung memiliki warna gelap hitam ataupun kecoklatan.

Selanjutnya ada piranha dengan jenis pygocentrus cariba, warna merah pada bagian sisi bawahnya. Sedangkan untuk kepala sebagian besar memiliki warna abu-abu, terlalu untuk matanya memiliki warna keperakan.


Ciri Ciri ikan Piranha - Padang ekspres

Posting Komentar untuk "6 Ciri Ciri ikan Piranha"