>
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Ciri Ciri Ikan Tombro Jantan dan Betina

Ciri Ciri Ikan Tombro

Sebagian dari Anda mungkin awam dengan nama ikan tombro. Di beberapa daerah, rupanya masyarakat memberi julukan ‘ikan mas’ untuk jenis ikan yang satu ini. Namun, ikan tombro bukanlah jenis ikan yang umum digunakan sebagai ikan hias – masyarakat pada umumnya membudidayakan jenis ikan ini untuk keperluan konsumsi. Nah, penasaran bagaimana ciri ciri ikan tombro? Berikut penjelasannya agar Anda dapat mengidentifikasi ikan tombro di kemudian hari.

Ciri Ciri Ikan Tombro jantan dan betina yang Patut Anda Ketahui

Ikan tombro merupakan jenis ikan air tawar yang hidup di air tawar. Pada umumnya, Anda bisa menjumpai ikan ini di pinggiran danau atau sungai. Atau, jika ada pintu air, ikan jenis ini suka bergerombol di dekat pintu air tersebut. Ciri ciri ikan tombro adalah sebagai berikut.

1. Bentuk tubuh ikan tombro

Ikan tombro memiliki bentuk tubuh yang serupa dengan ikan mas – yaitu sedikit memipih, tegak, dan nampak memanjang. Sehingga, jika dilihat dari jauh, bentuk tubuh ikan ini membentuk oval dengan sisi yang panjang sebelah.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Wader

2. Ukuran ikan tombro

Ciri ciri ikan tombro yang dibahas selanjutnya adalah ukuran ikan tombro. Jenis ikan yang seringkali hidup bergerombol dan menghindari perairan yang terlalu dalam ini seringkali didefinisikan sebagai ikan yang berukuran cukup besar.

Jika bisa dibandingkan dengan dengan ukuran pada manusia, ukuran ikan tombro sebanding dengan ukuran lengan bawah orang dewasa. Untuk berat ikan tombro yang siap dipanen, pada umumnya berkisar antara 300-400 gram per ekornya.

3. Warna tubuh ikan tombro

Warna tubuh merupakan ciri-ciri ikan tombro yang wajib dibahas untuk lebih mengenal jenis ikan yang sudah semakin populer dibudidayakan oleh masyarakat ini. Warnanya cukup bervariasi, namun yang paling nyata untuk dilihat adalah warna abu-abu.

Namun, warna ini juga disertai dengan warna-warna lain. Misalnya saja, kepala ikan tombro berwarna hitam. Lalu, untuk warna tubuh ikan sendiri terdiri atas beberapa warna yang tercermin dalam sisiknya, yaitu hitam, abu-abu, dan sedikit warna perak.

Pada bagian punggung, ikan ini cenderung didominasi warna gelap. Semakin ke bagian perut, warna yang menonjol adalah warna keperakan. Berkebalikan dengan punggung ikan, daerah perut didominasi warna perak.

4. Sisik dan sirip

Sisik dan sirip menjadi ciri ciri ikan tombro selanjutnya yang dibahas. Tubuh ikan ini sendiri hampir seluruh bagiannya dihiasi oleh sisik, kecuali kepala. Sisik ikan tombro tergolong berukuran besar dan berbentuk sikloid, yaitu sisik lingkaran yang memiliki tepian luar yang cukup halus. Sisik jenis ini memang sering ditemui pada jenis ikan mas dan salem.

Sirip ikan ini terdiri atas sirip dada, sirip punggung, sirip perut, sirip ekor, dan sirip dubur. Sirip perut pada ikan tombro cenderung dekat dengan sirip dada, sedangkan sirip dubur memiliki bentuk yang menyerupai sirip punggung.

5. Perbedaan ikan tombro jantan dan betina

Jika Anda bermaksud untuk membudidayakan ikan tombro, maka mengetahui jenis kelamin ikan merupakan hal krusial yang patut dipelajari. Tentunya dengan mengetahui ciri-ciri ikan jantan dan betina, Anda bisa lebih mengetahui ikan mana yang akan Anda pijah.

Untuk ikan jantan, bentuk tubuhnya lebih ramping daripada ikan betina. Namun, hal ini akan nampak lebih jelas hanya jika ikan sudah siap untuk dipijah. Selain itu, ikan jantan cenderung lebih aktif jika dibandingkan dengan ikan betina.

Seperti yang sudah disebutkan di ciri ciri ikan tombro sebelumnya, ikan betina berukuran lebih besar; dan bagian perutnya akan cenderung menonjol, namun lembut jika diraba. Jika bagian perut ditekan dan keluar cairan berwarna kuning, maka ikan itu adalah ikan betina. Sebaliknya, jika cairan yang dikeluarkan berwarna putih, maka hal tersebut menunjukkan bahwa ikan tersebut adalah ikan tombro jantan.


Ciri Ciri Ikan Tombro - Padang ekspres

Posting Komentar untuk "5 Ciri Ciri Ikan Tombro Jantan dan Betina"