>
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Ciri Ciri Ikan Mujair Jantan dan Betina Secara Umum

Ciri Ciri Ikan Mujair

Ikan mujair (Oreochromis mossambicus) merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang paling sering dibudidayakan oleh para peternak ikan. Selain mudah dibudidayakan, ikan ini juga paling kerap diolah menjadi berbagai hidangan lezat. Disamping itu, ikan yang banyak ditemukan di perairan Indonesia dan Afrika ini juga mulai banyak dipelihara sebagai salah salah satu jenis ikan hias. 

Mujair yang kerap dipelihara merupakan ikan yang memiliki sisik hitam. Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai jenis ikan yang satu ini? Simaklah ciri ciri ikan mujair berikut ini.

Ciri Ciri Ikan Mujair Jantan dan Betina Secara Umum

1. Memiliki Tubuh Bulat Pipih

Secara umum, mujair memiliki tubuh bulat pipih dengan perut yang terlihat sangat berisi. Pada bagian punggungnya terlihat sedikit menjorok ke atas. Ikan tawar yang satu ini mampu tumbuh hingga mencapai panjang 40 cm.

Namun, meski kecepatan pertumbuhannya bisa dibilang cukup cepat, begitu dewasa kecepatan pertumbuhan ikan ini akan menurun. Disamping itu, panjang ikan ini juga tidak akan bisa bertambah lagi dan akan berhenti bertambah begitu sudah dewasa atau memiliki panjang 40 cm.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Tombro

2. Memiliki Sirip Seperti Sisir

Ciri ciri ikan mujair yang selanjutnya adalah mempunyai sirip menyerupai sisir. Sirip pada bagian punggung terdiri dari 15 hingga 17 jari-jari tajam atau duri. Selain itu, ikan ini juga memiliki sirip yang tersusun dari 10 hingga 13 jari-jari lunak.

Ciri morfologi yang paling menonjol dari salah satu jenis ikan tawar ini adalah sirip punggungnya yang cenderung condong dan agak memanjang dari bagian atas insang hingga ke bagian atas sirip ekornya. Ikan yang sering dikonsumsi ini juga memiliki sirip dubur yang terdiri dari 9 hingga 12 jari-jari lunak dan 3 jari-jari keras.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Wader

3. Mempunyai Sisik Ctenoid

Ciri ciri ikan mujair yang berikutnya adalah mempunyai sisik ctenoid, yakni sisik yang cenderung bergerigi di bagian tepi luarnya. Sisik jenis ini sering ditemukan pada ikan-ikan yang mempunyai sirip berduri. Sisik ctenoid memiliki ctenii atau semacam duri-duri kecil pada bagian posterior (bagian punggung).

Duri-duri kecil yang menyerupai bentuk sisir ini juga bisa ditemukan pada bagian anterior (dekat bagian perut). Selain itu, sisik yang menyelimuti seluruh bagian tubuh ikan perairan air tawar yang satu ini bisa dibilang tidak terlalu beragam. Kebanyakan berwarna kehitaman, keabu-abuan, kecokelatan, dan ada pula yang berwarna kuning.

Namun, mujair betina biasanya memiliki warna putih pada bagian perut dan dagu. Sedangkan ikan yang berjenis kelamin jantan memiliki warna perut dan dagu yang cenderung lebih gelap atau kehitam-hitaman dan agak kemerah-merahan.

4. Memiliki Warna Mata yang Beragam

Sekilas, ciri ciri ikan mujair yang satu ini memang tidak jauh berbeda dari beberapa jenis ikan air tawar yang sering dikonsumsi. Akan tetapi, jika diperhatikan secara seksama, ikan ini memiliki mata yang berwarna kehitaman, kemerahan, dan ada pula yang berwarna agak kecokelatan. Bentuk mata ikan ini bulat namun sedikit menonjol.

Disamping itu, ada bundaran hitam di sekitar bagian tengah matanya. Sedangkan bagian di luar bundaran ini terdapat lingkaran berwarna kekuningan, namun juga ada yang berwarna keputihan. Warna di sekitar mata ikan ini bisa berbeda-beda tergantung pada usia ikan. Semakin tua usianya, semakin kuning pula warna matanya dan bahkan nyaris berwarna hitam.

5. Mempunyai Ekor yang Berbentuk Persegi

Ciri ciri ikan mujair yang berikutnya adalah memiliki ekor yang berbentuk persegi. Jika diperhatikan dengan lebih dekat, ekor ikan ini agak menonjol. Warnanya tidak jauh berbeda dengan warna di bagian siripnya dan juga tersusun atas beberapa tulang.


Ciri Ciri Ikan Mujair - Padang ekspres

Posting Komentar untuk "5 Ciri Ciri Ikan Mujair Jantan dan Betina Secara Umum"