Peran Guru Dalam Administrasi Pendidikan

Peran Guru Dalam Administrasi Pendidikan

Dalam kaitanya lembaga pendidikan di lingkungan sekolah, kedudukan sebagai guru memiliki peran yang sangat kompleks. Tidak hanya di bidang pengajaran berdasarkan profesi yang dimiliki. Selebihnya guru juga harus terlibat secara aktif di bidang lain, salah satunya yaitu administrasi pendidikan. 

Untuk itu berikut ini akan dijelaskan mengenai peran-peran yang dimiliki guru dalam bidang administrasi pendidikan.

  • Peran guru dalam administrasi kurikulum

Di bidang administrasi kurikulum, ada beberapa peran yang menjadi tugas seorang guru. Tugas-tugas tersebut masuk pada dua bagian, yaitu sentralisasi dan desentralisasi.

Tugas sentralisasi di lingkungan sekolah meliputi perumusan atas kompetensi atau tujuan khusus pembelajaran, termasuk di dalamnya berkaitan dengan penetapan bidang studi serta peraturan sekolah. Selain itu guru juga melakukan perencanaan kegiatan belajar mengajar serta program guna mencapai kompetensi yang telah ditetapkan. Berikutnya guru juga berperan dalam hal evaluasi berdasarkan kegiatan belajar mengajar yang dijalankan.


Adapun tugas guru dalam hal desentralisasi yaitu pengembangan terhadap komponen kurikulum dengan meliputi perencanaan dan pengembangan kurikulum, implementasi program-program yang terdapat di kurikulum serta evaluasi secara rutin bila ditemukan kurang maksimalnya peran kurikulum yang diterapkan.

  • Peran guru dalam administrasi kesiswaan

Untuk bidang administrasi kesiswaan beberapa peran guru dimulai dari pengelolaan terhadap penerimaan siswa baru. Adapun tugas-tugas guru meliputi semua proses penerimaan dari tahap awal seperti pembentukan kepanitiaan hingga tahap akhir atau pengumuman hasil seleksi.

Salah satu ciri khas sekolah adalah adanya OSIS sebagai wadah organisasi bagi siswa. Meskipun begitu guru juga ikut serta dalam pengelolaan organisasi tersebut. Dalam hal ini guru menjadi pembimbing serta melatih dunia kepemimpinan dan beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang sejalan dengan visi misi OSIS.


Peran guru yang tak kalah penting yaitu pengelolaan data siswa terkait kegiatan belajar mengajar. Di dalamnya terdapat pengelolaan terhadap identitas murid, hasil belajar, kehadiran, dan lain sebagainya. Berkaitan dengan itu peran guru juga tidak lepas dari pengelolaan kelas sebagai penunjang utama dalam kegiatan belajar mengajar.

  • Peran guru dalam administrasi personalia

Berbeda dengan bidang administrasi personalia, beberapa peran inti guru lebih kepada pencatatan. Adapun dalam administrasi ini lebih dititikberatkan pada seluruh kinerja di lingkungan sekolah. Guru akan membuat suatu kumpulan identitas secara lengkap tentang biodata pegawai atau karyawan yang bekerja. Berikutnya sesuatu yang berkaitan dengan kepegawaian ikut menjadi bagian dari peran guru, seperti tetapan kenaikan pangkat dan laporan data pegawai.

Secara keseluruhan guru berperan dalam melakukan pendataan dan pencatatan yang meliputi kehadiran guru atau karyawan, surat masuk dan keluar beserta inventarisasi kearsipan, informasi hasil rapat oleh dewan guru maupun pegawai, serta pencatatan lain yang terikat dengan lembaga.


Di luar itu guru menjadi penghubung informasi kepada seluruh warga sekolah seperti memberikan pengumuman melalui media informasi. selebihnya pemeliharaan terhadap aset sekolah seperti gedung dan sebagainya menjadi tanggung jawab kepala sekolah secara khusus dan guru pada umumnya.

  • Peran guru dalam administrasi sarana prasarana

Selanjutnya di bidang administrasi sarana dan prasarana, umumnya guru terlibat dalam upaya perencanaan atau pengadaan fasilitas pengajaran. Selain itu guru juga melakukan pemeliharaan serta mengedukasikan pada siswa.

Sebagai kelanjutannya gurulah yang akan melakukan pengawasan terhadap praktik-praktik bagi siswa yang menggunakan sarana prasarana. Selain itu inventarisasi alat atau fasilitas juga menjadi pekerjaan guru yang cukup penting. Apabila terdapat beberapa kekurangan mengenai fasilitas yang dibutuhkan dalam proses kegiatan belajar mengajar maka sudah menjadi peran guru untuk memenuhinya.


  • Peran guru dalam administrasi hubungan masyarakat

Peran terakhir bagi guru di bidang administrasi adalah mengenai hubungan masyarakat. Sebagai lembaga pendidikan yang berada di tengah-tengah masyarakat membuat guru harus membangun hubungan yang baik. Hubungan tersebut dapat berupa sosialisasi sekolah, pengajaran atau edukasi, dan segala sesuatu yang menyangkut antara sekolah dengan masyarakat sekitar.

Demikian lima peran guru dalam bidang administrasi pendidikan. Pada umumnya peran seorang guru selalu dibarengi dengan administrasi, sehingga secara tidak langsung peran aktif guru tidak lepas dari tugas dan fungsi yang bersifat administratif.


Peran Guru Dalam Administrasi Pendidikan - Padang Ekspres

Belum ada Komentar untuk "Peran Guru Dalam Administrasi Pendidikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel