4 Ciri Ciri Tumbuhan Lidah Buaya

Ciri Ciri Tumbuhan Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya tentunya sudah bukan menjadi tanaman yang asing bagi semua orang di dunia ini. Ciri-ciri pohon lidah buaya pun cukup mudah dikenal karena bentuknya yang sangat khas, sehingga dapat membedakannya dari pohon yang lainnya.

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari tanaman ini, mulai dari kesehatan, kecantikan, hingga manfaatnya sebagai bahan makanan yang mengenyangkan. Untuk mengenalnya lebih dalam, ulasan berikut akan sangat bermanfaat bagi kamu.

Ciri-Ciri Khusus Tanaman Lidah Buaya yang Unik dan Khas

Berdasarkan klasifikasi dalam taksonomi tanaman lidah buaya, tanaman ini bernama latin Aloe vera L. yang termasuk spesies dari gen Aloe dari ordo Asparagales. 


Di alam liar, tanaman ini banyak dijumpai di semak belukar yang gersang, oleh karena itu daun tanaman ini menggembung dan mengandung air (daging dan lendir) yang cukup banyak seperti pada tanaman xerofit.

Bentuk daun yang unik ini menjadikan banyak orang tertarik untuk menanamnya di dalam pot bahkan sampai sekarang menjadi tanaman budidaya di lahan pertanian. Saat ini di seluruh dunia terdapat sekitar 350 spesies lidah buaya yang sudah diketahui.


Di Indonesia, daerah yang banyak membudidayakan tanaman lidah buaya adalah Kalimantan dengan intensitas panen selama sebulan sekali dan hasil panen mencapai 200.000 per hektar.

Secara umum, berikut merupakan ciri-ciri pohon lidah buaya:

  • Batang Lidah Buaya

Ciri morfologi lidah buaya yang satu ini cukup sulit dibedakan dengan ciri daun lidah buaya jika kamu memang belum mengetahuinya secara pasti. Bisa jadi, kamu akan mengalami kekeliruan dalam menyebutkan salah satunya.

Pada dasarnya, batang dan daun lidah buaya memang terlihat sama, namun perlu kamu perhatikan dengan jelas bahwa yang disebut dengan batang lidah buaya adalah bagian yang ada di paling bawah. Bagian batang ini dekat dengan akar, umumnya berukuran 4 -5 cm serta memiliki serat berkayu.

Letaknya yang paling bawah yang tertutup daun inilah yang terkadang membuat bingung banyak orang dan bahkan ada yang menganggap jika lidah buaya tidak memiliki batang seperti pohon pada umumnya.


  • Daun Lidah Buaya

Setelah mengenal bagian mana yang merupakan batang lidah buaya, jangan sampai kamu salah lagi dalam menyebutkan bagian daunnya. Yang termasuk ke dalam bagian daun lidah buaya ialah bagian tanaman yang melebar, berduri, dan memiliki bagian ujung yang meruncing.

Berbeda dengan bagian batang, daun lidah buaya tidak memiliki serat berkayu dan bentuknya pun lebih panjang dari bagian batang. Daun inilah yang sering dimanfaatkan untuk berbagai macam olahan, seperti kosmetik, obat-obatan, dan bahan makanan.

Daun lidah buaya memiliki rasa yang enak jika diolah menjadi makanan dan minuman bernilai gizi yang tinggi. Selain itu, kemampuannya sebagai obat juga menjadikan tanaman ini disebut juga dengan tanaman pengobatan yang utama.


  • Bunga Lidah Buaya

Pada tanaman lidah buaya yang masih berumur dini, bunga tidak dapat dijumpai, karena bunga lidah buaya hanya muncul pada tanaman yang sudah tua. Bunga ini terletak pada bagian pucuk daun yang memiliki panjang kurang lebih 1 meter.

Bunga lidah buaya akan sangat mudah dijumpai pada tanaman yang tumbuh di alam bebas, bukan tanaman lidah buaya budidaya. Hal ini dikarenakan tanaman liar lebih dapat tumbuh subur sebab tidak ada pengganggu yang dapat membuatnya mati dengan cepat.

Sedangkan pada tanaman komersial bunga sulit ditemukan, karena lidah buaya yang dibudidaya akan diambil daunnya, dan semakin tua tanaman maka akan semakin jelek daunnya, sehingga akan diganti dengan yang baru.


  • Akar Lidah Buaya

Akar yang dimiliki tanaman lidah buaya tergolong pendek dan berjenis serabut yang menyebar. Akar lidah buaya berfungsi sebagai alat yang dapat menyebarkan air dan unsur hara setelah diangkut dari tanah menuju ke seluruh bagian tanaman. 

Selain itu, akar tanaman juga dapat menjadi penopang bagian batang agar bisa berdiri tegak dan tidak mudah roboh jika diterpa angin maupun serangan makhluk pengganggu yang lain.

Dengan tahu banyak mengenai ciri-ciri dan manfaat tanaman lidah buaya, kamu bisa menjadikannya pengetahuan yang akan bermanfaat bagi pemanfaatan lidah buaya. Pemanfaatan tanaman yang maksimal dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat.


Ciri Ciri Pohon Lidah Buaya - Padang ekspres

Belum ada Komentar untuk "4 Ciri Ciri Tumbuhan Lidah Buaya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel