6 Ciri Ciri Pohon Jeruk

Ciri Ciri Pohon Jeruk

Cita rasa buah jeruk yang manis-manis asam memang jadi favorit banyak orang. Buah satu ini memiliki kandungan air cukup banyak sehingga sangat cocok dikonsumsi di musim kemarau. Namun, apa saja ciri-ciri pohon jeruk yang membedakannya dengan tanaman lain?

Buah yang kaya akan serat, vitamin, mineral, dan protein ini memang bagus untuk kesehatan. Selain itu, buah ini juga terkenal dengan kandungan thiamin dan beta karoten di dalamnya. Tumbuhan dikotil ini cukup banyak ditemui di wilayah tropis, termasuk Indonesia.

6 Ciri-Ciri Pohon Jeruk

Pohon jeruk menjadi salah satu tanaman yang tumbuh subur di berbagai wilayah di tanah air. Adapun ciri-ciri pohon jeruk adalah sebagai berikut.

1.Klasifikasi

Pohon jeruk dalam ilmu taksonomi memiliki tingkatan sebagai berikut.
  • Kingdom Plantae
  • Divisi Spermatophyta
  • Kelas Dicotyledoneae
  • Bangsa Rutales
  • Suku Rutaceae
  • Marga Citrus
  • Spesies Citrus Sp

2. Morfologi Akar

Meski spesies jeruk cukup bervariasi, pada dasarnya tanaman ini memiliki bentuk akar yang hampir mirip. Pohon jeruk memiliki perakaran tunggang yang kuat dan kokoh menopang tumbuhan ini.

Akar utama pohon jeruk dipenuhi serabut halus yang berfungsi untuk menyerap unsur hara dari tanah. Selain itu, bentuknya silindris dan di ujungnya membulat. Cabang akar akan semakin panjang dan banyak karena bagian ujungnya yang terus membelah diri.

Setiap ujung akar memiliki tudung yang akan melindunginya. Tudung tersebut mengandung lendir yang bisa menjadi tameng agar akar tetap aman ketika tumbuh menembus tanah. Tudung akar pohon jeruk memang dikenal menakjubkan karena daya tahannya menembus media tanam. 


3. Morfologi Daun

Mungkin kamu sudah tidak asing bahwa daun jeruk kerap kali digunakan sebagai pelengkap masakan. Kamu akan mencium wangi segar yang khas dari daun jeruk yang diremas. Daun jeruk purut menjadi salah satu yang paling sering digunakan di berbagai olahan masakan.

Daun pohon ini umumnya berbentuk bulat layaknya telur. Daun jeruk yang tumbuh dengan baik memiliki lebar 8 cm dan panjang 15 cm. Daun ini lebih banyak tumbuh menyirip, namun ada juga yang bentuknya tulang daunnya tidak beraturan.

Dalam satu batang biasanya ditumbuhi daun jeruk majemuk, yaitu bagian yang besar dan kecil. Kamu bisa mendapati daun jeruk yang lebih kecil di sekitar tangkai daun. Permukaan atas daun ini cukup tebal dan warnanya hijau mengkilap.

Sedangkan bagian bawah daun berwarna hijau muda dan tidak terlalu mengkilap. 


4. Morfologi Bunga

Bunga pada pohon jeruk bertipe majemuk. Selain itu, bunga ini juga memiliki kelamin betina dan jantan. Terdapat putik dan benang sari dalam satu buah bunga. Bunga pohon ini biasanya mudah ditemui di bagian ketiak daun.

Bunga ini akan menarik perhatian serangga untuk proses penyerbukan. Ia akan mengeluarkan aroma wangi yang khas dari nektar sehingga mengundang serangga untuk hinggap.

Bunga pohon jeruk biasanya berwarna putih, hanya pada jenis tertentu saja yang berwarna merah. Misalnya pada jenis jeruk purut dan jeruk nipis. Pohon ini mampu berbunga sampai empat kali setiap tahunnya. 


5. Morfologi Buah

Setiap spesies jeruk memiliki bentuk buah yang berbeda-beda. Kamu mungkin menyadari bahwa umumnya buah ini berbentuk bulat dan memiliki tangkai yang pendek. Kulit buah jeruk yang belum matang berwarna hijau dengan struktur yang kokoh dan sulit dikupas.

Namun, jika sudah matang akan berwarna kuning dan lebih mudah dikupas. Pada jenis jeruk purut dan jeruk nipis, kulit buah lebih tipis sehingga lebih mudah dikupas saat masih muda maupun sudah matang.

Semua daging buah jeruk memiliki bentuk yang sama dan bertekstur khas. Buah terdiri dari kulit luar, kulit dalam, dan daging buah yang kaya kandungan air. Di dalam daging buah terdapat butiran kecil yang biasa disebut bulir buah jeruk.

Buah satu ini dikenal memiliki rasa asam manis yang menyegarkan. Tanaman bermarga Citrus ini dikenal memiliki buah yang kaya akan vitamin C.

6. Morfologi Biji

Jumlah biji buah jeruk umumnya berbeda-beda. Dalam satu buah jeruk, kamu bisa mendapati 3 sampai 15 biji. Biji buah ini umumnya berbentuk bulat dan berwarna putih. Terdapat bagian pangkal yang tumpul dan bagian ujungnya agak runcing.

Biji buah jeruk bisa digunakan sebagai bibit perkembangbiakan tanaman jeruk berikutnya.

Ciri-ciri pohon jeruk memang bisa lebih mudah dikenali. Mengingat tanaman ini cukup mudah ditemui di lingkungan. Selain itu, wangi daun dan buahnya dikenal cukup khas dan kerap kali digunakan di kehidupan sehari-hari.


Ciri Ciri Pohon Jeruk - Padang ekspres

Belum ada Komentar untuk "6 Ciri Ciri Pohon Jeruk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel