4 Ciri Ciri Pohon Kaktus

Ciri Ciri Pohon Kaktus

Cactaceae atau kaktus menjadi salah satu tumbuhan yang memiliki keunikan tersendiri. Tak heran jika tanaman ini banyak diburu untuk dijadikan tumbuhan hias. Ciri-ciri pohon kaktus yang akan diulas berikut ini akan membuat kamu lebih mengenal tumbuhan yang tersebar di berbagai negara ini.

Kaktus dikategorikan sebagai tumbuhan sukulen. Artinya, tumbuhan ini memiliki kemampuan menyimpan banyak cadangan air di tubuhnya. Kamu bisa melihatnya dari ukuran batang kaktus yang besar, bagian ini menampung banyak persediaan air.

Ciri-Ciri Khusus Pohon Kaktus

1. Klasifikasi

Klasifikasi ilmiah tanaman kaktus bisa dilihat melalui tingkatan taksonomi sebagai berikut.
  • Kingdom Plantae
  • Divisi Magnoliophyta
  • Kelas Magnoliopsida
  • Bangsa Caryophyllales
  • Suku Cactaceae
  • Marga Opuntia
  • Spesies Opuntia cochenillifera

2. Morfologi Akar

Fungsi utama akar kaktus adalah untuk menyerap air. Tak heran jika bentuk akar tanaman ini cukup panjang menembus tanah. Akar kaktus memiliki kemampuan yang unik untuk mencari persediaan sumber air. Serabut akar akan memanjang secara otomatis mengikuti alur sumber air.

Fungsi akar kaktus tersebut membuatnya memiliki bentuk yang cukup rumit. Kaktus berukuran besar biasanya memiliki ukuran akar yang lebih kecil dibanding kaktus kecil. Saat dalam kondisi normal, akar kaktus hanya berukuran tidak sampai 10 cm.

Sedangkan ketika mencari sumber air di dalam tanah, akar kaktus bisa memanjang hingga 2 meter. Hal ini dilakukan untuk mengikuti alur persediaan agar tertampung lebih banyak. Jenis akar pada tanaman kaktus cukup bervariasi, yaitu akar serabut, tunggang, dan bercabang.

Namun, beberapa jenis kaktus ada pula yang sifatnya epifit. Artinya, tanaman kaktus tersebut hidup menumpang di tumbuhan lain. Meski demikian, jenis kaktus tersebut belum dikategorikan sebagai parasit. 


3. Morfologi Daun

Tumbuhan kaktus dimanfaatkan daunnya sebagai alat pernapasan. Tidak seperti pada tumbuhan pada umumnya, daun kaktus adalah berupa duri. Selain sebagai alat bernapas, duri kaktus juga berperan untuk mencegah penguapan yang berlebihan.

Daun tumbuhan kaktus yang berupa duri ini memiliki nama ilmiah tersendiri, yaitu areola. Warna daun beberapa jenis kaktus memang agak terang. Hal ini dimaksudkan agar cahaya matahari dapat dipantulkan sehingga kaktus tidak kepanasan dan tetap sejuk.

Selain itu, daun berupa duri ini juga digunakan sebagai pertahanan dari serangan hewan. Tak jarang beberapa jenis hewan memang hendak menyerap cadangan air di dalam batang kaktus. Namun, tentu saja terhalangi oleh duri-duri yang dimiliki kaktus.

Daun kaktus ternyata juga menyimpan berbagai manfaat kesehatan. Di antaranya adalah menjaga vitalitas organ hati, membersihkan usus besar, mencegah diabetes, dan lain-lain. 


4. Morfologi Batang

  • Lapisan Lilin

Batang kaktus tumbuh membesar dan memiliki lapisan kulit yang tebal. Seperti yang telah diketahui, batang kaktus memang berperan untuk menampung cadangan air dari akar. Batang kaktus berlapis lilin yang tebal untuk meminimalisir proses terjadinya penguapan.

Selain itu, lapisan lilin tersebut juga berfungsi menahan panas sinar matahari. Tak heran jika tumbuhan kaktus dapat bertahan hidup di kondisi lahan yang amat panas dan kering sekalipun.

  • Jaringan Spons

Batang kaktus juga memiliki jaringan spons yang terdiri dari beberapa lapisan. Jaringan spons sangat berperan bagi tumbuhan kaktus saat hendak menampung air. Jaringan ini akan menyerap dan menahan air di dalam batang kaktus yang besar.

Ketika cuaca yang amat panas, batang kaktus akan mengkerut karena pasokan air yang mulai menipis.

Batang kaktus juga tak kalah memberikan manfaat bagi kesehatan manusia. Batang tumbuhan ini dapat menjadi penawar racun, mengatasi gigitan serangga, mengatasi alergi, mengobati diabetes, menurunkan kadar kolesterol, hingga menyerap radiasi. 

  • Pori-Pori

Ketika musim penghujan datang, pori-pori batang kaktus akan bekerja efektif karena digunakan untuk menyerap air. Saat hujan turun, inilah waktu yang tepat untuk kaktus menampung banyak cadangan air. Batang tumbuhan ini akan menggembung karena menyerap dan menyimpan air.

Saat musim kering datang, cadangan air yang disimpan akan digunakan untuk proses pertumbuhan dan bertahan hidup.

  • Stomata

Tumbuhan kaktus memiliki stomata yang hanya akan terbuka saat cuaca sangat dingin di malam hari. Stomata tersebut akan mengambil zat karbondioksida dan menyimpannya di vakuola.

Karbondioksida yang dikumpulkan di malam hari akan digunakan di siang hari untuk proses fotosintesis. Tumbuhan kaktus memiliki 7 stomata tertutup dan 7 stomata terbuka.

Sesuai uraian di atas, kamu bisa memahami bahwa ciri-ciri pohon kaktus memang memiliki karakteristik yang unik. Selain itu, kaktus juga tidak hanya berguna sebagai tanaman hias, namun juga berguna bagi kesehatan manusia.


Ciri Ciri Pohon Kaktus - Padang ekspres

Belum ada Komentar untuk "4 Ciri Ciri Pohon Kaktus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel