Tidak Boleh Sembarangan, Berikut Pantangan Dalam Perawatan Bayi Baru Lahir


Berubah status menjadi orangtua baru tidaklah mudah seperti yang dibayangkan, sebab jika ada kesalahan dapat membahayakan si kecil. Selama melakukan perawatan bayi baru lahir, tenyata ada beberapa pantangan yang harus dihindari karena dapat mempengaruhi kesehatan baik dari segi fisik maupun psikisnya. Apa saja pantangan yang dimaksudkan tersebut ? Untuk lebih jelasnya, silahkan simak ulasan singkat berikut. 

Beberapa Pantangan yang Harus Dihindari Ketika Merawat Bayi Newborn

1. Tidak membiarkan Bayi Menangis Terus Menerus

Menangis merupakan salah satu cara bayi dapat berkomunikasi dengan orang yang ada di sekitarnya. Bahkan ketika tubuhnya sedang tidak nyaman ataupun merasa sakit, umumnya si kecil akan menangis agar orangtuanya segera menghampirnya. Namun bagaimana jika tangisannya tidak dihiraukan ? Kemungkinan si kecil akan tersiksa dan lelah akibat menangis terus menerus, yang bahkan bisa berpengaruh pada pertumbuhan psikisnya. 

2. Tidak Menganggap Remeh Suhu Tubuh yang Hangat

Masih banyak yang menganggap bahwa perubahan suhu tubuh pada si kecil merupakan kondisi yang wajar terjadi, sehingga bisa diselesaikan hanya dengan memberikan obat penurun panas khusus bayi. Padahal bayi yang memiliki suhu hangat saat masih berusia dibawah 3 bulan, justru menjadi pertanda bahwa ada yang salah pada tubuhnya. Apabila suhu badannya lebih dari 38 derajat, segeralah membawanya ke dokter anak terdekat. 

3. Pantangan Mengabaikan Bayi

Setiap bayi yang lahir, dibekali kemampuan untuk berkomunikasi dengan orang sekitarnya dengan cara unik. Komunikasi yang bisa dilakukan seperti menghiburnya, memberikan sentuhan kasih sayang, menyanyi, atapun sekedar menenangkannya tanpa pernah mengabaikannya. Perawatan bayi baru lahir satu ini terkesan sederhana, namun sangat ampuh untuk membangun ikatan antara si kecil dengan lawan bicaranya. 

4.Membiarkan si Kecil Sendirian

Apakah anda terbiasa meninggalkannya sendirian karena harus melakukan beberapa pekerjaan rumah sembari mengasuhnya ? Segera hentikan kebiasaan tersebut, sebab membiarkan sang buah hati sendirian merupakan pantangan yang harus dihindari. Jika memang terpaksa meninggalkannya, pastikan ada orang lain yang mengasuh sementara agar si kecil tidak merasa sendirian. 

5. Tidak Mengguncang Tubuh Bayi

Menggendong dan menimangnya secara perlahan, disebut sebagai salah satu cara ampuh perawatan bayi baru lahir terbaik untuk menenangkan si kecil. Meski demikian, hindari untuk mengguncangkan tubuhnya terlalu kuat karena dapat berakibat fatal.Pasalnya tubuh bayi yang masih rentan, masih belum siap menerima gerakan yang terlalu kasar. Contohnya saja ketika hendak membangunkannya, cukup dengan menggelitik telapak kakinya ataupun meniup lembut kakinya. 

Kemahiran mengasuh anak tidaklah timbul secara alami, namun dipelajari secara bertahap sembari memperbaiki kesalahan yang sebelumnya dilakukan. Selama proses pembelajaran terus berjalan, anda pasti menyadari bahwa ada sejumlah pantangan yang wajib dihindari. Mulai dari hal sederhana seperti tidak membiarkannya menangis terus menerus hingga tidak meninggalkannya sendirian, tampaknya perlu dihilangkan segera mungkin.  

Belum ada Komentar untuk " Tidak Boleh Sembarangan, Berikut Pantangan Dalam Perawatan Bayi Baru Lahir"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel