Sulit Tidur? Cari Tahu Sebabnya Sekarang Juga


Masalah sulit tidur atau insomnia dapat dialami oleh siapa saja. Sumber masalahnya pun berbeda-beda. Sesekali kesulitan tidur bisa dimaklumi mungkin karena terlalu lama tidur siang.terlalu kenyang atau dikejar dateline sampai begadang. Namun yang perlu diwaspadai adalah problem tidur insomnia selama berhari-hari sampai berbulan-bulan.

Penyebab Sulit Tidur, Masalah dan Solusinya

Jangan sepelekan kualitas tidur karena sangat mempengaruhi aktifitas sehari-hari. Ketahui berbagai faktor penyebab sulit tidur yang sebenarnya mudah diatasi namun lebih sering dianggap sepele. Terdapat beragam alasan mengapa seseorang jadi kesulitan tertidur. Berikut adalah beberapa contohnya.

1. Ritme Tidur 

Tubuh menyesuaikan dengan bagaimana pemiliknya berkegiatan sehari-hari. Tanpa disadari kita memiliki kebiasaan tidur mulai dari ritual sehari-hari sampai jam tidur. Ada yang terbiasa tidur setelah makan mala, ada yang butuh waktu sebelum beranjak ke tempat tidur dan apa pula yang terbiasa tidur larut malam dan bangun di siang hari.

Secara alami kita memiliki ritme circadian atau waktu tidur yang mempengaruhi kemampuan untuk tidur dengan mudah. Ganguan jam tidur seperti jet lag, perubahan jam kerja, bergadang karena sebuah dateline. Kalau sering terjadi akan berdampak sulit tidur yang berkepanjangan.

2. Aktifitas Sebelum Tidur

Sebelum tidur ada beberapa hal yang dapat menambah kenyamanan dalam beristirahat. Bebersih diri, berganti pakaian, membaca buku, mendengarkan musik atau menonton televisi. Kegiatan yang menenangkan dapat menstimulus tidur dengan lelap.

Berbeda bila melakukan aktifitas yang menstimulasi otak, seperti bermain game, membuka ponsel dapat jadi penyebab sulit tidur. Atau bisa juga karena ruang tidur yang berantakan, kotor yang membuat rasa kantuk menjadi hilang karena ruangan tidur yang tidak memadai.

3. Makanan atau Minuman Tertentu

Tidur dengan perut kenyang tentu dapat mendukung kualitas tidur. Namun sebelum dapat tidur sudah menjadi pengetahuan umum untuk menunggu dua jam untuk menunggu makanan diproses sebelum mulai tidur. Bila mengabaikannya, maka tidur Anda bisa terganggu.

Minuman seperti alkohol atau kopi bisa jadi penyebab sulit tidur. Meski alkohol dikatakan dapat membuat orang tertidur, namun belum tentu Anda dapat tidur dengan nyaman dan bahkan bisa membuat Anda tidur dengan gelisah.

4. Nightmare atau Mimpi Buruk

Ada berbagai mitor yang mengelilingi kualitas tidur. Ada yang menyarankan untuk berdoa dahulu sebelum tidur, atau tidak tidur dalam keadaan marah dan tidur setelah membersihkan tempat tidur. Kalau Anda tetiba mimpi buruk dan mendadak terbangun, kadang kondisi tersebutlah yang membuat seseorang dapat dengan mudah tidur lagi.

5. Menstruasi dan kehamilan

Perubahan hormonal seperti dalam keadaan hamil atau sedang datang bulan dapat mempengaruhi kemampuan untuk tidur. Umumnya wanita hamil sulit untuk dapat tidur karena sedang mengandung dan seluruh badannya mengalami perubahan.

Hal yang sering terjadi pada wanita setidaknya sekali dalam sebulan ini dapat disiasati dengan gampang. Rajinlah membersihkan ruangan, terutama kamar tidur. Selain itu Anda bisa mencoba untuk mendengarkan musik, melakukan yoga, meminum jamu dan berolah raga untuk menjaga kebugaran selama sedang menstruasi atau hamil.

Selain membuat suasana untuk tidur yang kondusif cari informasi dari pada ahli untuk berbagai masalah kesehatan Anda. Lakukan aktivitas yang membuat relax agar dapat membantu Anda untuk tertidur.

Bila penyebab sulit tidur disebabkan masalah medis maka Anda dapat mencari opini kedua dari berbagai dokter yang tergabung dalam aplikasi Halodoc. Unduh aplikasinya dan Anda dapat berkonsultasi melalui chat atau videocall. Bila masalah terus berlangsung Anda dapat mengunjungi Klinik Mayapada Tower 2 Sudirman, dan memeriksakan kesehatan secara menyeluruh.

Belum ada Komentar untuk "Sulit Tidur? Cari Tahu Sebabnya Sekarang Juga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel