close

4 Ciri Ciri Pohon Damar

Ciri ciri Pohon Damar

Pohon damar atau yang memiliki nama latin agathis dammara, merupakan pohon yang dapat tumbuh di permukaan laut hingga daerah pegunungan. Pohon ini berasal dari Filipina serta Maluku Indonesia. Salah satu ciri-ciri pohon damar yaitu berukuran sedang hingga tinggi mencapai 60 meter dan tumbuh banyak di hutan hujan tropis.

Ciri-ciri Pohon Damar

Masih banyak orang yang belum mengetahui pohon damar, lantaran pohon ini tumbuh banyak di hutan. Di Indonesia sendiri, pohon bermusim tahunan ini biasanya tumbuh di daerah hutan Sumatera Selatan, Lampung, Sulawesi, Kalimantan hingga Papua. Bentuk pohon damar yaitu tumbuh tinggi mencapai sekitar 30-40 meter.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini merupakan ciri-ciri pohon damar yang dapat kamu ketahui, di antaranya yaitu:

1. Batang

Ciri-ciri batang pohon damar yaitu memiliki warna abu-abu, berbentuk bulat, berkayu, tumbuh tegak lurus serta lentisel. Terdapat kandungan resin kimia pada batang pohon ini sehingga sering digunakan sebagai plastik, obat gosok,kosmetik, bahan cat serta korek api. Bukan hanya itu, batang ini juga memiliki manfaat untuk mengobati luka. Adapun akar pohon damar yaitu akar tunggang berwarna coklat.

2. Daun

Daun pohon damar berjenis daun tunggal dan letaknya saling berhadapan satu sama lain. Panjang daun ini sekitar 10 cm dengan lebar 5 cm, sedikit tebal dan tepinya rata serta ujung yang runcing. Daun yang memiliki warna hijau mengkilat ini mempunyai tangkai sepanjang 2 cm dan pertulangan daun menyirip.

3. Bunga

Pohon damar memiliki bunga majemuk berwarna merah kecoklatan, berumah satu, dan sedikit bersisik. Bentuk bunga pohon ini yaitu silindris dengan ujung yang menusuk.. Bunga jantan terdapat pada tunas muda.

4. Buah

Pohon damar mempunyai buah yang berbentuk lonjong, bewarna putih, berperisai pipih atau bersisik serta memiliki panjang sekitar 6 mm. Buah ini memiliki biji yang berwarna putih dan berbentuk pipih di dalamnya.

Itulah penjelasan mengenai ciri-ciri pohon damar yang harus kamu ketahui. Ternyata terdapat manfaat pohon damar memiliki campuran lilin yang dapat digunakan untuk melukis batik.

Artikel terkait:

  1. Manfaat Pohon Mahoni
  2. Klasifikasi Bunga Kamboja Jepang
  3. Ciri Ciri Pohon Kersen
  4. Persebaran Bunga Sepatu

Tinggalkan komentar