Ciri Ciri Khusus Pohon Cemara

Tahukan Anda Pohon Cemara sangat dekat dengan kehidupan manusia? Selain di cari saat natal sebagai dekorasi, pohon yang dapat tumbuh subur baik di dataran tinggi sampai pesisir pantai ini mudah ditemukan, bahkan di Indonesia. Namun bisakah Anda mengenali ciri-ciri khusus Pohon Cemara di alam bebas?

Kenali Ciri-Ciri Khusus Pohon Cemara

Pohon yang selalu hijau ini memiliki postur tinggi yang menjulang, daun runcing dan tidak mudah rontok. Ruas daunnya khas dengan tampilan mirip seperti dengan berkas rambut yang bisa tertukar dengan tumbuhan tusam dan pohon lainnya.

Berikut adalah ciri-ciri khusus tumbuhan Cemara untuk mengenalinya di antara pohon lain yang serupa.

Kerucut 

Cemara sering digambarkan dalam bentuk kerucut sempurna yang terinspirasi dengan bentuk aslinya yang lebar dibagian bawah dan meruncing di atasnya. Baca juga: Ciri-ciri Pohon Kimeng

Hijau Gelap

Umumnya Pohon Cemara berwarna hijau gelap yang cenderung mirip kecoklatan.

Kulit kayu

Pohon Cemara menebal dengan waktu dan memiliki retakan coklat gelap yang membuatnya dapat bertahan di berbagai cuaca. Baca juga: Ciri-Ciri Pohon Sisir di Alam Liar

Tidak berbuah 

Bila Anda melihat pohon yang menyerupai cemara namun berbuah. Kemungkinan Anda salah mengiranya dengan pinecone. Pohon cemara tidak memiliki buah sama sekali. Baca juga: Ciri Ciri Tanaman Patah Tulang

Cabang Spiral

Ciri-ciri khusus Pohon Cemara adalah cabangnya yang rapat terlihat bagai lingkaran tumbuh dari titik yang sama. Semakin memuncak semakin pendek, cocok untuk hiasan dekorasi natal. Baca juga: Ciri ciri Pohon Angsana

Akar

Pohon cemara punya akar menghujan ke dalam tanah. Ini adalah ciri-ciri khusus tumbuhan Cemara yang membuatnya kuat dan stabil.

Tidak Bergetah

Warna kulit pohon cemara berkisar dari gradasi madu terang sampai gelap. Kayunya tidak meninggalkan getah bila ditebang karena ada pengawet khusus yang dikenal dengan nama  cypressine.

Bunga

Pohon cemara ungu berkembang dan memiliki bunga. Letaknya berada di ujung ranting yang kemudian layu dan berganti dengan kerucut yang berubah menjadi coklat bila matang dan menjadi biji pohon baru.

Setelah membaca penjelasan ciri-ciri khusus Pohon Cemara di atas, dapatkan Anda mengenalinya di alam bebas? Mulai dari daun, bentuk pohon sampai batangnya. Semua unik dengan banyak manfat bagi kehidupan manusia. Bukan semata sebagai dekorasi hari raya, namun juga untuk perabotan dan peralatan berbahan kayu yang awet dan tahan lama.

Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Khusus Pohon Cemara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel