Minggu, 20 April 2014 - 19 Jumadil Akhir 1435 H 05:17:41 WIB
OPINI

Komunikasi Politik Menuju Kursi Presiden

Selasa, 15/04/2014 10:36 WIB • Oleh : Elva Ronaning Roem, MSi

Pesta demokrasi Pemilu Legislatif  2014 telah usai. Hasil hitung cepat (quick count) sejumlah lembaga survei pun telah dirilis. Suasana gembira dan sedih mewarnai 12 partai politik (parpol) menyikapi quick count ini. Ada yang targetnya tercapai, adapula tidak. Parpol yang meyakini dapat mendulang banyak suara karena disetiap kam­pa­nyenya selalu dibanjiri ribuan massa, ternyata hasilnya tak seperti yang di­ha­rapkan.

Nasib Partai-partai Islam

Senin, 14/04/2014 12:32 WIB • Oleh : Iswal Syahri

Keberadaan partai Islam dalam kancah perpolitikan tanah air memiliki sejarah dan dinamika yang cukup pan­jang, bahkan lebih panjang dari usia negara ini. Beberapa partai Islam yang muncul pada masa-masa awal kemer­de­kan hampir dapat dipastikan memiliki keterkaitan sejarah yang cukup kuat dengan keberadaan tokoh-tokoh umat Islam, maupun ormas Islam yang lahir pada masa pergerakan sebelum kemerdekaan.

Cermati Proses Penghitungan Suara

Senin, 14/04/2014 12:31 WIB • Oleh : Ronny Basista

Secara regulasi proses penghitu­ngan suara telah diatur secara rinci dan ce­rmat me­lalui UU No8 tahun 2012 mulai da­ri pa­sal 173 hingga 204. Namun demiki­an, po­tensi kecurangan itu tetap ada di ta­ta­­r­an praktis. Sistem proporsional terbuka me­m­­­beri kesempatan yang sama buat pa­ra ca­lon legislatif (caleg) bersaing sesama me­­re­ka untuk memperoleh suara terbanyak.

Supremasi Massa Politik Tradisional

Sabtu, 12/04/2014 11:22 WIB • Oleh : Ahmad Khoirul Umam

PEMILU 2014 ini seolah kembali membuktikan bahwa survei dan ins tru­men statistik tidak se-powerful yang dibayangkan sebelumnya. Kesalahan metodologi dan kekeliruan pemilihan random sampling berpeluang menjadi faktor utama ketidakakuratan hasil survei sejumlah lembaga tersebut.

Solusi bagi Caleg yang Kalah

Kamis, 10/04/2014 11:25 WIB • Oleh : Mulyadi Putra, S.Sy Sutan Bosar

Beberapa hari yang lalu ada tulisan yang menarik untuk dibaca, yang ditulis oleh Bapak Sd. Tasrif yang dimuat di harian pagi Padang Ekspres: “Stres, Menung­gu Caleg yang Kalah” (Sabtu, 5, April: 4). Isi dari tulisan tersebut meni­tikberatkan kepada para calon Legislatif (Caleg) yang kalah: apakah mereka siap untuk menerima kekalahannya dengan baik atau malah masuk Rumah Sakit Jiwa (RSJ)”?

Padang Pascaputusan MK

Rabu, 09/04/2014 12:33 WIB • Oleh : Septria Minda Eka Putra

Sengkarut  dua putaran pe­mi­lihan kepala daerah (pilkada) Kota Pa­dang yang telah berlangsung sejak Ok­tober 2013 sampai awal tahun 2014 ini, berakhir diketukan palu sembilan hakim konstitusi.  Pada sidang pleno yang digelar di gedung Mahkamah Konstitusi (MK) Kamis, 7 April 2014, MK menolak permohonan pasangan nomor urut 3 Desri Ayunda-James Hellyward (DeJe) dan menguatkan hasil  rekapitulasi KPU Kota Padang pada tanggal 11 Maret 2014 yang memenangkan pasangan nomor urut 10 Mahyeldi-Emzalmi (MahEm), dengan perbandingan suara DeJe dan MahEm adalah 49,71 % dan  50,29 %.

Pileg dan Golput

Selasa, 08/04/2014 12:10 WIB • Oleh : Donny Syofyan

Dalam hitungan hari rakyat Indonesia akan memberikan suaranya untuk memilih wakil rakyat 9 April besok. Sayangnya, kampanye yang telah ber­lang­sung sejauh ini belum mampu me­micu luapan antusiasme guna meng­un­dang rakyat untuk memilih. Ke­ti­dak­puasan masyarakat dengan para wakil rakyat sebelumnya dan kebencian publik terhadap kian membuncah. Sangat mu­dah untuk memprediksi bahwa jumlah golput akan signifikan.

Potensi UKM Sumbar Katup Pengaman Pengangguran

Senin, 07/04/2014 11:32 WIB • Oleh : Dra Masni Rani Mochtar Msi

Sumatera Barat dengan jumlah Usaha Kecil Menengah (UKM) melebihi 1,2 juta orang, merupakan potensi luar bia­sa mendongkak pertumbuhan eko­no­mi. Hal ini terlihat dengan banyaknya usaha rumah tangga di berbagai jenis industri, seperti industri makanan yang me­miliki ratusan variasi, mulai dari ren­dang, keripik balado yang sudah menjadi ikon Sumatera Barat, kerajinan tenun, bordir, sulaman, pandai besi. Semuanya sudah menyerap tenaga kerja ratusan ribu orang.



Presiden Baru, Pesawat Baru

AKHIRNYA Indonesia memiliki pesawat kepresidenan. Pesawat jenis Boeing Business Jet 2 (BBJ2) 737-800 kebiru-biruan itu kini sudah parkir di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta. Momentum datangnya pesawat kepresidenan itu juga tepat, yakni saat Indonesia menghadapi suksesi kepemimpinan. Pesawat yang memiliki rentang sayap 35,79 meter, tinggi 12,50 meter, dan panjang 38 meter tersebut akan dinikmati presiden ketujuh Republik Indonesia.

TNKB Belum Tersedia

Direktorat Lalulintas Polda Sumbar minta maaf atas belum tersedianya Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB). Kalau nanti TNKB sudah dikirim dari Korlantas Mabes Polri, pemilik kendaraan bermotor tidak perlu lagi membeli, sehubungan sewaktu membayar pajak perpanjangan STNK dan kendaraan baru sudah dibayar. Sekaitan dengan hal tersebut seluruh anggota Polantas di Polda Sumbar tidak perlu mempermasalahkan ada TNKB yang mati.

Selasa, 15 April 2014

Caleg Cemas Dicurangi

Indak usah dicamehan lai, Pak.......................!

 

Apoteker masih Terabaikan

Jan lo sampai tebang pilih, Pak.......................................!

 

UN Dipantau CCTV

Tapi baa kok bisa juo siswa caliak kunci jawaban tu, Pak.....................!