Date Senin, 28 July 2014 | 13:14 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Kaba Kampuang

Untuk Tenaga Sopir, Aparatur Desa, Satpol PP dan Pemadam Kebakaran

CPNS untuk SMA Dibuka

Senin, 18-07-2011 | 11:47 WIB | 590 klik

Dharmasraya, Padek—Pemkab Dharmasraya mengajukan 932 formasi CPNS untuk tahun ini. Selain formasi untuk sarjana, juga terdapat formasi untuk SMA. Ada 172 kursi untuk SMA yang diusulkan, tetapi tidak disertai alasan yang jelas. Pemkab mengklaim masih kekurangan pegawai, terutama untuk tenaga pendidik dan kesehatan di daerah terpencil.


“Formasi sudah diajukan. Kita masih menunggu keputusan pusat kapan penerimaannya bisa dimulai,” ujar Kepala BKD Dharmasraya A Joni Zubir kepada Padang Ekspres, kemarin (17/7).


Dia berharap pusat bisa mengakomodir usulan itu, minimal separuh dari jumlah yang diusulkan. “Minimal separuh disetujui karena kami masih sangat kekurangan pegawai,” ujarnya.


Menurutnya, usulan formasi itu sudah melalui penyaringan dari setiap SKPD Jadi formasi yang diajukan sudah merupakan skala prioritas.


Bukittinggi 400 Formasi
BKD Bukittinggi telah mengusulkan 400 formasi kebutuhan CPNS. Kepala BKD Bukittinggi, Rosmini kepada Padang Ekspres, Minggu (17/7), mengatakan, yang dibutuhkan saat ini adalah tenaga teknis dan tenaga guru. “Kami membutuhkan sopir, dan guru kelas,” ujarnya. BKD Bukittinggi sedang menyiapkan standar untuk mengukur kinerja PNS.


Kota Solok 201 Formasi
Sedangkan BKD Kota Solok mengajukan 201 formasi CPNS. Formasi untuk tenaga teknis mendominasi. Seperti tenaga teknik informatika, sekitar 50 formasi untuk mengisi seluruh instansi di lingkungan Pemko Solok.


Kepala BKD Kota Solok Muhammad menyatakan, formasi itu sudah sesuai kebutuhan. Hal itu disebabkan SKPD meminta formasi tersebut.
Mantan Kabag Humas tersebut menyatakan, Kota Solok telah memiliki tiga tower sistem informasi. Ketiga tower tersebut telah mampu memenuhi kebutuhan internet hotspot, sistem administrasi online dan sistem pengolahan data terintegrasi.


Pariaman 542 Formasi
Di Kota Pariaman, mengajukan formasi 542 CPNS, terbanyak tenaga teknis 442 pegawai. Pengajuan formasi tersebut sudah diterima Badan Kepegawaian Nasional 23 Maret lalu dan diterima di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara 24 Maret lalu.


Dari 479 formasi, rinciannya tenaga teknis 442 orang, guru 81 orang dan tenaga kesehatan 19 orang. “Tahun ini , ada 57 pegawai yang memasuki masa pensiun,” ujar Kepala BKD Kota Pariaman Khaidir kepada Padang Ekspres di ruang kerjanya, kemarin.


Berdasarkan pengalaman tahun lalu, dari jumlah formasi yang diajukan biasanya disetujui kurang dari 50 persen.
Tahun ini BKD Pariaman mengajukan formasi untuk tamatan SMA, untuk pegawai sekretaris desa dan Satpol PP dan petugas pemadam kebakaran. Sedangkan formasi lainnya, adalah jenjang Diploma 3 dan Strata 1.(ita/fd/rzy/nia)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA