Date Rabu, 30 July 2014 | 01:49 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Kaba Kampuang

Kelantan Telusuri Silek Lintau

Kamis, 30-06-2011 | 12:39 WIB | 387 klik

Batusangkar, Padek—Guru besar Perguruan Silat Lintau Kelantan (Persilek) Malaysia, Kamal Syahmenelusuriasal muasal silek Lintau, di Kecamatan Lintau Buo Utara, Kabupaten Tanahdatar. Keinginan itu sudah sejak lama direncanakannya, namun baru Selasa (28/6) terealisasi.


”Kami sudah lama mempelajari silek Lintau di Kelantan. Alhamdulillah, saya akhirnya sampai juga di negeri asal Silek yang kami pelajari dan kagumi sejak lama,” kata Kamal kepada Padang Ekspres, kemarin (29/6).


Dalam napak tilasnya ke Tanahdatar, Kamal dipandu pengurus IPSI Tanahdatar, Mawardi, Tuo Silek Lintau Bustiar, budayawan dan pemerhati silek Minang Abdullah Puteh, pemerhati silek Lintau dan mantan atlet Tanahdatar Jhon Sutan Sati. Sebelumnya, dia diterima Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tanahdatar Alfian Jamrah


Kamal mengaku puas dalam kunjungannya tersebut. Soalnya, dia menemukan apa yang mereka cari dan dambakan sejak lama. ”Dan benar, apa yang kami pelajari dalam Silek Lintau di negeri kami (Kelantan), sama gerak dan langkah dengan silek Lintau,” katanya.


Untuk memantapkan studi itu, dia akan berdiskusi dengan pesilat Nagari Tapiselo, karena selama ini mereka hanya mengetahui Lintau dari mulut ke mulut saja. ”Dan, hari ini tujuan itu tercapai, dan saya akan menjaga nama baik Lintau dan melestarikan Silek Tuo ini di Malaysia,” sambungnya.


Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Tanahdatar, Alfian Jamrah menyambut baik kunjungan kerabat dari negeri Kelantan tersebut. ”Kita berharap dengan adanya kunjungan tersebut, tidak hanya akan mempererat tali silaturahmi, tapi juga akan lebih memperkaya budaya dan warisan leluhur kita dalam ilmu bela diri,” ungkap Alfian. (*)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA