Date Kamis, 31 July 2014 | 10:20 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Pariwisata

Persiapan TDS 2014 Dikebut

Rabu, 26-03-2014 | 10:26 WIB | 1323 klik

Agar pelaksanaan Iven Tour De Singkarak 2014 yang direncanakan akan di gelar 7 Juni Mendatang berjalan sesuai dengan harapan, sejumlah persiapan pun di kebut. Bertempat di Hotel Pangeran Beach, Selasa (25/3), Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumbar menggelar Rapat Koordinasi Pelaksanaan Tour De Singkarak 2014 bersama dengan kepala daerah dari 18 Kabupaten dan kota beserta instansi terkait seperti, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Polda Sumbar, dan Dinas Prasjal Tarkim. Turut hadir dalam pertemuan tersebut Muslim Kasim Wakil Gubernur Sumbar, Rizki Handayani, Direktur Promosi Konvensi Intensif Even dan Minat Khusus Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta perwakilan dari Sponsorship.

Dalam kesempatan itu, Muslim Kasim yang juga menjabat sebagai ketua pelaksana menjabarkan konsep penyelenggaraan TDS 2014 yang tak lepas dari upaya promosi Wisata, Seni dan budaya yang melingkupi pengenalan destinasi pariwisata melalui kegiatan iven olahraga Internasional dengan mengambil nilai penting berupa pembangunan dan pengembangan pariwisata Sumbar, menggerakkan ekonomi pariwisata disepanjang wilayah yang termasuk dalam rute lintasan TDS 2014, serta mendorong pertumbuhan simpul-simpul ODTW sepanjang jalur rute lintasan sehingga dapat mendorong integrasi pembangunan lintas sektor dan wilayah.

"Target utama dari TDS 2014, tidak hanya mendatangkan pebalap sepeda handal dari berbagai Negara, namun juga menarik minat wisatawan baik lokal maupun mancanegara,"ujar, Muslim Kasim, Selasa (25/3).

Dengan demikian, sebut Muslim Kasim sangat diharapkan kepada seluruh Stakeholders untuk dapat mengkoordinasikan aspek pelaksanaan lomba serta menyiapkan segala sesuatu yang terkait dengan kewenangannya, sesegera mungkin menyiapkan rehabilitasi jalan yang menjadi rute TDS dengan penyelesaian menjelang jadwal pelaksanaan, mengkoordinasikan pengamanan selama pelaksanaan lomba, pelayanan kesehatan serta menyiapkan komponen pendukung terkait penggunaan jalan seperti rambu-rambu dan marka.

Sementara itu, Rizki Handayani berharap pelaksanaan TDS 2014 ini akan lebih baik dibandingkan dengan tahun sebelumnya, moment mendongkrak promosi pariwisata Sumbar melalui iven TDS diangap sangat jitu. Hal ini terbukti sejak tahun pertama TDS digelar angka kunjungan wisatawan terus mengalami peningkatan tajam. Di tahun 2001 TDS mampu menyerap wisatawan sebanyak 20.000, hingga tahun 2013 angka kunjungan wisatawan meningkat sebanyak 10.000.

"Selain promosi kepariwisataan Sumbar dan keunikan budaya Minangkabau, iven TDS juga diyakini mampu mendorong pertumbuhan ekonomi serta dapat melahirkan usaha ekonomi masyarakat,"kata, Rizki Handayani.

Dikawasan Pantai Tiram Padang Pariaman, Tour De Singkarak akan secara resmi di buka. setelah itu keesokan hari nya Grand Start akan di helat dengan rute Padang Pariaman-Pariaman. Dilanjutkan dengan Stage 2 TDS 2014 pada Minggu, 8 Juni 2014 dengan rute Pasaman-Pasaman Barat, Stage 3, Senin 9 Juni rute 50 Kota - Tanah Datar, Stage 4, Selasa 10 Juni rute Bukittinggi - Agam, Stage 5, Rabu 11 Juni rute Payakumbuh - Solok, Stage 6, Kamis 12 Juni rute Padang Panjang - Solok, Stage 7, Jumat 13 Juni rute Sijunjung - Dharmasraya, Stage 8, Sabtu 14 Juni rute Sawahlunto - Solok Selatan, Stage 9, Minggu 15 Juni rute Pesisir Selatan - Padang.

Melewati 9 Etape di lintasan 18 kabupaten dan kota yang dipersiapkan, serta panjang lintasan sejauh 1250 Kilometer, peserta akan bersaing memperebutkan total hadiah sebesar Rp. 1,3 Miliar. 30 maret mendatang louncing TDS 2014 akan digelar di Basko Grand Mall Padang. (*)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA