Date Rabu, 30 July 2014 | 05:53 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Hiburan

Kos-kosan Aman dan Nyaman

Jumat, 25-10-2013 | 12:07 WIB | 1308 klik
Kos-kosan Aman dan Nyaman

Kos-kosan Aman dan Nyaman

Menjadi pelajar perantau, mau nggak mau harus bisa hidup mandiri jauh dari orangtua. Hal yang paling mendasar menandakan pelajar maupun mahasiswa perantau jelas bakalan ngekos atau tinggal di asrama. Masalahnya, tinggal di asrama tentu tidak terlalu menjadi beban pikiran bagi sobeX. Sebab, gedung dan segala urusan nginap-penginapan sudah diatur. sobeX tinggal membawa barang, beres deh. Nggak sama dengan ngekost. Jadi ribet demi mendapatkan tempat kos yang aman, nyaman, tentunya yang murah kan sobeX.

Hal inilah yang menbuat pelajar tunggak-tunggik mencari bahkan harus berpindah-pindah kos untuk mendapatkan kamar kos yang sesuai selera. Mendapatkan tempat kos yang aman, nyaman, dan murah itu bisa dikatakan untung-untungan. Tidak semua tempat kos di sekitar kampus atau sekolah sobeX memiliki fasilitas dan lingkungan yang sama. Selalu ada kelebihan dan kekurangannya. Contohnya nih, ada tempat kos yang bersih karena bangunannya baru, terus lingkungannya rame sayangnya jauh dari kampus sobeX. Terus, ada juga yang dekat tapi kebersihan dapur dan kamar mandinya nggak banget. Makanya jadi calon anak kos terlebih dahulu harus jeli mencari tempat kos yang nyaman terutama soal kebersihan tempat kos sobeX.

Meskipun Indah Amallyah orang Padang, namun ia lebih memilih untuk ngekos dekat kampus sobeX. Karena lokasi kampus dengan rumahnya lumayan jauh. Cewek yang kabarnya masih mahasiswa baru di UNP ini mengatakan tempat kos yang harus diincar itu ya tempat kos yang aman dan bersih. “ Menurut aku, setidak-tidaknya kita dapat tempat kos yang nyaman dan bebas dari kemalingan. Kalau dapat, kita mencari kelebihan tempat kos yang lebih spesifik misalnya dari segi luas bangunannya, berapa orang yang ditampung dalam satu kamar. Jangan sampai, bangunannya bagus tapi penghuninya sesak. Terus, kebersihan kamar mandi dan dapur. Kalau dapat ya air mengalir terus. Terakhir, dari segi keamanan di lingkungan sekitar kos terjaga dari kemalingan. Alhamudulillah nih sobeX, aku dapat tempat kos yang nyaman banget. Udah dua bulan lebih aku nginap. Dekat tempat kos aku ada mushala, jadi kita bisa mengerjakan shalat berjamaah sobeX terus warga di sekitar tempat kos juga baik-baik. Sekali sebulan ada goro bersama warga. Jadi, kesannya kita udah menjadi bagian warga di sekitar sana. Kalau dapat tempat kos yang begini kayanya nggak ada niat deh buat pindah kos,” aku cewek yang tinggal di Pampangan ini.

Udah dapat tempat kos sesuai keinginan. Rasanya nggak mau lagi pindah-pindah kos. Seperti dialami Rara mahasiswi STIE Dharma Andalas yang ngekos di Ratulangi ini. “Semenjak aku SMA sampai kuliah kos aku tetap di sini juga kok sobeX. Nggak ada niat buat pindah-pindah kos. Alhamdulillah selama lima tahun aku di sini aman-aman aja. Lokasinya nggak sepi karena ditepi jalan besar. Dulu waktu aku pertama ke sini, fasilitasnya cukup lengkap ada TV dan kulkas, sekarang nggak ada lagi karena ibu kos aku udah pindah ke Jambi. Jadi, barang-barang di rumah kos itu juga udah dibawa. Aku bertahan di sini ya karena itu aja kok sobeX, nyaman, aman, dan murah,” tutur cewek asli Pasaman Barat ini.

Hal senada juga dikatakan Khairul Anwar. Ia mengaku juga tidak pernah pindah-pindah kos selama kuliah. “Dari waktu aku sekolah sampai kuliah saat ini tetap bertahan di tempat kos sekarang. Nggak pindah-pindah karena aku udah punya teman kos yang sesuailah pemikirannya sama aku sobeX. Dapat teman yang sama-sama satu tujuan, dari sekolah SMP sampai kuliah sekarang ini. Di samping tempatnya nyaman, pemilik kosnya juga baik dan asyik. Menurut aku nih ya, orang yang sering pindah-pindah kos itu karena bermasalah di tempat kosnya misalnya nggak bayar-bayar urang kos, ada konflik dengan teman sekamar dan sebagainya,” ujar mahasiswa Univeristas Muhammadiyah Sumbar, Bukittinggi.

Bagi yang sudah dapat tempat kos yang nyaman, bebas maling, murah, dan teman sekamar yang sesuai nggak perlu lagi kan pindah-pindah kos? Yang penting, sesama anak kos harus bisa saling menjaga hubungan yang baik, begitu juga dengan pemilik kos. (deva)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA