Date Kamis, 24 July 2014 | 05:25 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Olah Raga

Salah Satu Kunci Sukses Indra Sjafri

Nasehat dari Azwar Anas

Senin, 21-10-2013 | 11:57 WIB | 1456 klik
Nasehat dari Azwar Anas

Makan Malam

Padang, Padek—Kesuksesan yang diraih pelatih Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri di belantika sepakbola nasional dan Asia, tentunya tak lepas dari dukungan orang-orang terdekat dan peduli pada perjuangannya. Salah satunya adalah mantan Gubernur Sumbar yang juga mantan Ketua Umum PSSI Azwar Anas.

Saat bersilaturrahmi dengan sejumlah insan sepakbola Sumbar yang juga dihadiri Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan Azwar Anas di Gubernuran Sumbar, Sabtu malam (19/10), hal tersebut diakui Indra Sjafri. ”Ada sebuah nasehat dari bapak Azwar Anas yang hingga saat ini saya simpan dan masih saya pegang. Ini yang selalu membuat saya ingin berbuat baik untuk sepakbola Indonesia,” ucapnya.

Nasehat dari Azwar Anas tersebut tertulis di secarik kertas dan disimpannya di dalam dompet. Kepada wartawan, mantan pemain dan pelatih PSP Padang itu memperlihatkannya. Keretas terlihat sudah lusuh dan berwarna kuning. Di kertas itu tertulis ayat suci Alquran dari surat Al Isra ayat 80 dan 81.

”Ini diberikan bapak Azwar Anas kepada saya pada tahun 1984. Yang saya pahami dari ayat ini dan coba mempraktekannya dalam kehidupan sehari-hari adalah bahwa bila mengawali sesuatu pekerjaan dengan benar dan on the track, orang-orang yang sirik dan batil akan terhapus semua. Hasilnya pun akan maksimal,” kata Indra Sjafri.

Azwar Anas sendiri pada kesempatan yang sama juga mengakui, kalau kunci suksesnya selama ini juga tak lepas dari ayat-ayat Alquran tersebut. ”Sebab itu, ikutilah pelatih yang benar. Yang lurus menjalani pekerjaannya,” sebut mantan Menkokesra tersebut memberi pesan kepada beberapa pesepakbola muda Padang yang juga hadir pada acara itu.

Mendengar itu, Irwan Prayitno pun memberi tanggapan. Dia berkeyakinan Indra Sjafri sudah mengamalkan ayat-ayat tersebut. ”Dari cara uda Indra Sjafri membangun Timnas Indonesia U-19, saya yakin ayat yang diberikan bapak Azwar Anas itu benar-benar diamalkan da In,” tuturnya.

Sebagaimana telah diketahui sebelumnya, Indra Sjafri membangun timnas dengan cara blusukan mencari talenta-talenta terbaik ke lebih dari 40 daerah di Indonesia. Dia pun berprinsip, tidak menerima ‘titipan’ pemain dari siapapun. Bahkan, anak jenderal sekalipun, katanya, kalau tidak sesuai dengan standar yang telah ditetapkannya, tidak akan bisa memperkuat timnas yang diasuhnya.

”Ini yang harus ditiru dan jadi pelajaran bagi kita semua. Saya harap ini akan selalu dipertahankan uda In,” sambung gubernur. (*)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA