Date Senin, 28 July 2014 | 13:14 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Kaba Kampuang

Lomba UKS 2013, Dua Daerah Serumpun Bikin Sejarah

TK Pembina Payolansek dan SMP 3 Taeh Juara Nasional

Kamis, 19-09-2013 | 12:00 WIB | 519 klik

Untuk kali pertama sepanjang sejarah Republik Indonesia, dua daerah serumpun di Sumbar, yakni Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota, sama-sama meraih gelar juara nasional dalam lomba Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).

Payakumbuh meraih juara lomba UKS nasional untuk kategori TK. Dalam kategori ini, Payakumbuh diwakili TK Pembina Payolansek. Sedangkan Limapuluh Kota juara UKS nasional untuk kategori SMP. Dalam kategori ini, Limapuluh Kota diwakili SMPN 3 Kecamatan Payakumbuh di Nagari Taehbaruah.

Penghargaan untuk TK Pembina Payolansek dan SMPN 3 Kecamatan Payakumbuh di Nagari Taehbaruah, diserahkan dalam acara Festival Kreatif Siswa Tentang UKS Nasional dan Penganugerahan Pemenang UKS di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Rabu (18/9) siang.

Penghargaan untuk TK Pembina Payolansek, diterima Staf Ahli Wali Kota Payakumbuh Bidang Sumber Daya Manusia Edvianus. Ia berangkat ke Bogor bersama Kabid Kesga Dinas Kesehatan dr Hj Yanti, Kabag Kesra Yonrefli, pejabat Kesra Wirman dan Hj Adriati, serta Kepala TK Pembina Payolansek Yuli Sumarni.

Sedangkan penghargaan untuk SMPN 3 Kecamatan Payakumbuh di Nagari Taehbaruah, diterima Asisten I Setdakab Limapuluh Kota Don Adonis. Ikut bersama Don Adonis,Kepala SMPN 3 Kecamatan Payakumbuh Adrian Nopel.

Menurut Staf Ahli Wali Kota Payakumbuh Edvianus, TK Pembina Payolansek, berhasil mengalahkan enam nominator lomba UKS TK tingkat nasional. “Saya tidak ingat, lima nominator lainnya. Tapi yang jelas, TK Pembina Payolansek juara pertama. Sedangkan juara kedua TK ABA Bantul, Yokyakarta dan juara tiga TK Islam Cianjur, Jawa Barat,” ujarnya.

Edvianus yang mewakili Riza Falepi, mengaku bangga dengan prestasi TK Pembina Payolansek. “Prestasi ini kebanggan untuk masyarakat Luak Limopuluah. Apalagi, selain TK Pembina Payolansek, SMPN 3 Kecamatan Payakumbuh juga juara nasional. Ini jarang terjadi loh,” ucapnya.

Kebangaan serupa, disampaikan Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi didampingi Juru Bicara Pemko Payakumbuh Jon Kennedi dan Wakil Bupati Limapuluh Kota Asyirwan Yunus didampingi Juru Bicara Pemkab Limapuluh Kota Muhammad Siebert,

Alhamdulillah, kami sangat bersyukur, dengan prestasi yang diraih TK Pembina Payolansek dan SMPN 3 Taehbaruah. Ini menandakan, sekolah-sekolah di Luak Limopuluah, sangat fokus terhadap sisi kesehatan,” kata Wali Kota Riza Falepi dan Wakil Bupati Asyirwan Yunus. (***)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA