Date Selasa, 29 July 2014 | 09:34 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Kaba Kampuang

Besok Diumumkan, Pendaftaran Mulai 14 September

CPNS Pemprov Dibatasi 8 Ribu Pelamar

Rabu, 11-09-2013 | 10:37 WIB | 15183 klik
CPNS Pemprov Dibatasi 8 Ribu Pelamar

CPNS

Padang, Padek—Kabar gembira bagi yang berminat menjadi abdi negara di Sumbar. Besok (12/9), Pemprov Sumbar bersama lima daerah lainnya mengumumkan formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2013 di media massa. Bagi yang berminat, segera mendaftarkan diri mengingat jumlah pendaftar dibatasi hanya 8 ribu orang. Pendaftaran berlangsung tanggal 14-26 September mendatang.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah ( BKD) Sumbar, Jayadisman kepada Padang Ekspres di ruang kerjanya, kemarin (10/9), menyebutkan, pembatasan jumlah pelamar itu akibat APBD Sumbar 2013 hanya mengganggarkan untuk 8 ribu pelamar.

“Terlebih lagi, penambahan jumlah peserta harus diikuti juga penambahan tenaga pengawas dan pemeriksaan kelengkapan berkas. Itu semua jelas membutuhkan biaya,” sebut Jayadisman. Makanya, masyarakat berminat diminta segera mendaftarkan diri ke situs www.bkn.co.id dan mengirimkan berkas pendaftaran ke nomor PO BOX sudah ditetapkan.

BKD Sumbar sudah menyiapkan sejumlah PO BOX untuk calon pelamar CPNS. Ini untuk memudahkan pengecekan berkas calon pelamar. “Tak hanya nomor PO BOX yang dibedakan, map kelengkapan berkas juga dibedakan. Ini untuk mempermudah kerja tim pemeriksa berkas administrasi saja. Kalau tak dibedakan, tentu akan menyulitkan. Sementara berkas yang akan diperiksa itu 8 ribu berkas,” ujarnya.

Walaupun Pemprov membatasi jumlah pelamar, namun Jayadisman yakin tidak akan merugikan masyarakat. “Pengalaman sebelumnya, hanya 5 ribu orang mendaftarkan diri. Jadi kalau sekarang 8 ribu pelamar, berarti ada penambahan kuota 3 ribu orang,” ucapnya.

Pengumuman formasi CPNS Pemprov Sumbar ini diikuti lima kabupaten/kota lainnya. Daerah itu Solok Selatan, Pasaman, Padangpanjang, Sawahlunto dan Dharmasraya. Sedangkan Kabupaten Kepulauan Mentawai sudah terlebih dahulu mengumumkan pendaftaran CPNS.

“Dari enam kota dan kabupaten itu, hanya Dharmasraya belum mendapatkan kepastian penetapan rincian formasi CPNS-nya,” ucapnya.

Untuk 2013 ini, Pemprov dan enam kabupaten/kota menerima CPNS dari pelamar umum dan tenaga honorer. Pemprov membuka 193 formasi, Kepulauan Mentawai 141 formasi, Solsel 100 formasi, Padangpanjang 50 formasi, Pasaman 40 formasi, Sawahlunto 50 formasi, dan Dharmasraya 50 formasi.

Khusus Pemprov, rincian formasi yang disetujui Kemen PAN-RB adalah tenaga guru 74 orang, tenaga kesehatan 80 orang, dan tenaga teknis 39 orang. Tenaga guru ditempatkan Pemprov di SMK Pertanian Pembangunan, SLB, SMKN 1 Sumbar, dan SMA unggul di Padangpanjang.

“Untuk tes CPNS , Pemprov Sumbar hanya menerapkan tes satu kali, yakni tes kemampuan dasar (TKD). Sedangkan tes wawancara tak dilakukan. Tes CPNS dilakukan dengan menggunakan sistem computer assisted test (CAT),” ujarnya.

Disinggung bagaimana pengawasan panitia terhadap kemungkinan adanya ijazah palsu, Jayadisman mengatakan, panitia sudah menyiapkan antisipasi, yakni meminta fotocopy ijazah yang telah dilegalisir langsung oleh bagian akademik universitas.

Jika di kemudian hari, diketahui ada pelamar menggunakan ijazah palsu lulus tes CPNS, maka yang bersangkutan akan dicabut haknya sebagai PNS. “Itu sanksinya, jika para pelamar mengakali dengan memberikan keterangan atau identitas tidak benar. Kita minta agar pelamar memberikan keterangan diri sejujur-jujurnya saat proses pendaftaran dilakukan,” ucapnya. (ayu)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA