Date Selasa, 29 July 2014 | 17:42 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Kaba Kampuang

Dirut PT SI: Segera Bangun, jangan Diundur

Pabrik Indarung VI Tuntas 2015

Kamis, 04-07-2013 | 12:30 WIB | 190 klik

Indarung, Padek—Direktur Utama PT Semen Indonesia (PT SI), Dwi Soetjipto menyambut positif diterbitkannya izin pinjam pakai lahan 412 hektare (ha) bagi PT Semen Padang (SP). Karena itu, dia meminta jajaran direksi PT SP segera menyiapkan langkah-langkah pendirian pabrik Indarung VI.

“Kami berkeinginan pada 2015 nanti pabrik itu sudah bisa beroperasi. Itu tidak lama lagi,” ungkap Dwi Soetjipto kepada wartawan di Kantror PT SP, Indarung, Selasa (2/7).

Dwi mengatakan, awalnya peletakan batu pertama direncanakan pada 5 Juli ini, bertepatan momentum pengambilalihan PT SP.

“Tapi, kalau waktunya masih mundur-mundur juga, bisa jadi dilakukan akhir Agustus atau September nanti. Sebenarnya untuk memulai proses pembangunan itu tidak harus menunggu ground breaking dulu. Tapi sudah bisa dimulai proses engineering-nya agar bisa mengejar tenggat waktu 2015,” kata mantan Dirut PT SP tersebut.

Dwi Soetjipto menyebutkan PT SI tengah menyiapkan diri untuk ekspansi ke Myanmar. Alasannya, wilayah itu sedang tumbuh dan terbuka bagi negara lain untuk berinvestasi.

“Secara grup, negara itu akan jadi kekuatan suplai semen bagi PT SI. Malah untuk Myanmar dijadikan suplai semen untuk regional bagian barat Asia Tenggara. Sedangkan Vietnam jadi kekuatan suplai regoinal bagian timur,” papar Dwi.

Dirut PT SP, Munadi Arifin mengatakan telah menyusun perencanaan pembangunan Indarung VI.

Kapasitas produksi PT SP saat ini sebesar 6,5 juta ton per tahun, dari empat pabrik yang beroperasi (Indarung II, III, IV, dan V). Sedangkan pabrik Indarung I sudah berhenti beroperasi sejak 1999. (zil)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA