Date Rabu, 30 July 2014 | 12:00 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Kaba Kampuang

Hari Ini, Final Hifzil Quran dan Khattil Quran

Kamis, 27-06-2013 | 08:32 WIB | 264 klik

Padang, Padek—Setelah berlangsung selama 3 hari, cabang hifzil Quran dan Khattil Quran memasuki babak final. Sebanyak 6 orang peserta dari masing-masing cabang hifzil dan 12 karya kaligrafi akan bersaing ketat untuk menempati posisi terbaik pada Musabaqah Tilawatil Al Quran (MTQ) Mahasiswa Nasional XIII. Berlangsung di dua tempat, gedung Convention Hall Universitas Andalas Unand (Unand) dan Auditorium Unand hari ini (29/6).

Peserta dari masing-masing cabang hifzil terdiri dari 3 orang peserta putra (pa) dan 3 orang peserta putri. Meskipun tuan rumah, kafilah Sumbar gagal maju ke babak final cabang Hifzil Quran 1 juz. Pasalnya, dari 6 orang peserta yang ditetapkan oleh dewan juri sebagai peserta yang akan maju ke babak final, seluruhnya berasal dari luar Sumbar.

Ketua Panitia Bidang Hifzil Quran 1 juz, 2 juz dan 5 juz Sanusi Ibrahim mengaku bangga dengan kafilah yang maju kebabak final. Apalagi, kafilah tersebut berasal dari daerah yang tidak mayoritas Islam seperti Sumbar. ”Walaupun kafilah Sumbar tidak maju ke babak final, saya tetap bangga. Ini bisa menjadi pelajaran bagi kita sebagai daerah yang mayoritas berpenduduk Islam, tetapi tidak berhasil maju ke babak final. Sementara kafilah yang maju itu, kalau kita lihat, di sana tidak daerah yang mayoritas Islam tapi bisa menguasai Al Quran,” katanya di sela-sela pelaksanaan lomba hifzil 5 juz kemarin.

Data dihimpun Padang Ekspres, 3 besar hifzil 1 juz diraih pemegang nomor peserta HQ 1016 asal Universitas Diponegoro, pemegang nomor peserta HQ 1038 perwakilan Universitas Syah Kuala dan utusan dari universitas Riau yang memegang nomor peserta HQ 1068 (putra, red). Sedangkan kafilah putri, 3 besar diraih kafilah Universitas Negeri Medan, Universitas Pattimura dan Universitas Pendidikan Indonesia.

Peserta 3 besar dari cabang hifzil 2 dan 5 juz, akan diumumkan siang ini di tempat sama. Hingga kemarin, babak penyisihan cabang hifzil 5 juz masih berlangsung dan akan dilanjutkan esok hari. Sementara cabang 2 juz, usai jelang istirahat waktu Ashar kemarin. ”Dalam agendanya, cabang hifzil 5 juz jadwalnya besok. Tapi karena yang 2 juz saudah siap tadi, maka kita langsungkan yang 5 juz. Dan lanjut besok. Habis itu, langsung masuk babak final,” jelas Sanusi Ibrahim.

Peserta cabang lain di tempat terpisah, masih berjuang untuk dapat maju ke babak final. Sebut saja cabang Tilawatil Quran di gedung auditorium Unand, Tartil Quran di ruang serbaguna FT Universitas Negeri Padang, serta debat bahasa Inggris dan debat Bahasa Arab di ruang senat UNP dan LPMP Muh Syafe’I UNP.

Untuk cabang Khattil Quran, akan dipilih 12 karya terbaik untuk maju ke babak final. Kemarin, karya kaligrafi hasil coretan 105 peserta masih di pajang di Auditorium Unand. (cr1)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA