Date Sabtu, 2 August 2014 | 15:34 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Kaba Kampuang

Maigus-Armalis Mendaftar ke KPU

Kamis, 06-06-2013 | 12:14 WIB | 159 klik

Gunungsarik, Padek—Setelah empat hari pendaftaran dibuka, akhirnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Padang didatangi pasangan calon independen wali kota dan wakil wali kota Padang periode 2013-2018. Kemarin (5/6), tim sukses Maigus Nasir dan Armalis M mendaftar ke KPU Padang di Gunungsarik, Kecamatan Kuranji.

Tim sukses yang diketuai Darmadi ini, datang sekitar belasan tim sukses sekitar pukul 15.00. Tim ini langsung menyerahkan berkas persyaratan diterima oleh Koordinator Divisi Perencanaan Teknis dan Penyelenggaraan KPU Padang, M Sjahbana Sjams didampingi Koordinator Divisi Data Pemilih dan Sosialisasi Data Pemilih KPU Padang, Aswir Wiraputra.

Darmadi menyebutkan, tim pemenangan ini datang membawa sejumlah persyaratan berupa 36.544 bukti dukungan masyarakat dengan rangkap dua asli. “Pengumpulan dukungan ini telah dilakukan sejak enam bulan lalu. Tim meyakini persyaratan dukungan itu sesuai ketentuan,” ungkap Darmadi, mantan politisi PPP ini.

Tim kemenangan lainnya, M Zulfikar mengaku hanya membawa dukungan sesuai yang disyaratkan KPU. “Surat dukungan lainnya, cadangan saja jika KPU menilai ada syarat yang tidak sesuai ketentuan. Dukungan cadangan itu berjumlah 45 ribu dukungan yang berasal dari posko kemenangan Maigus Nasir-Armalis M sendiri,” ungkap M Zulfikar.

Maigus Nasir dan Armalis M tidak ikut saat mendaftar. “Kami meyakini bisa memenangkan pilkada pada 30 Oktober mendatang,” tegasnya optimistis.

Koordinator Divisi Perencanaan Teknis dan Penyelenggaraan KPU Padang, M Sjahbana Sjams menjelaskan, Maigus-Armalis adalah pasangan pertama yang mendaftar ke KPU. “Kami segera melakukan veriZfikasi berkas. Jumlahnya harus 36.544 dukungan jika tidak akan diminta melengkapi. Apalagi ada dukungan yang sama dan itu dinyatakan tidak dihitung,” tegas Boim—akrab disapa.

Boim mengatakan, KPU masih menunggu pendaftaran calon independen akan berakhir hari ini (6/6). Berdasar peraturan KPU No 9/2012, dan Keputusan KPU Kota Padang No 33 Tahun 2013 calon yang mendaftar di jalur independen masih bisa mendaftar di parpol.

“Ketentuan ini diperuntukkan bagi calon yang gagal di saat verifikasi karena berkas dukungan tidak mencukupi. Jadi, bagi calon yang syarat di awal masih kurang, ada tahap perbaikan pada 26 Juli. Sehingga mereka masih bisa mencari dalam kurun waktu 1 bulan,” ujarnya. (ek)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA